Mainan Kardus

Geologi : Gunung Sebagai Pasak

PhotoGrid_1443428709967

Akhir-akhir ini lagi tertarik tentang miracles of alquran membahas tentang geologi. Terutama untuk bahan homeeducation yaqdzan. Seiring dengan tumbuh kembangnya sungguh ilmu yang saya tau minim sekali. Reminder untuk selalu belajar.

Kami menginginkan anak tidak hanya sekedar menghafal Alqur’an tapi memahami semua ciptaan Allah.

Seperti kali ini, Yaqdzan akan belajar sederhana  tentang gunung.

Alat dan bahan :
1. Playdough homemade
2. Kardus bekas
3. Batu-batuan
4. Gelas aqua/cup kecil

Cara membuat playdough :
Bahan
½ kg tepung terigu
250 gr garam
200 ml air matang
Pewarna makanan hijau
1 sdt minyak goreng
3 sendok Bubuk kopi

Cara membuatnya:

1. Masukkan tepung terigu dan garam dalam wadah. Aduk hingga rata. Sisihkan.

2.Tuang beberapa tetes pewarna makanan hijau ke dalam air matang hingga mendapatkan warna yang Anda inginkan. Aduk hingga rata.

3.Tuangkan air yang telah diberi pewarna sedikit demi sedikit ke dalam wadah terigu sambil diuleni. Campurkan semuanya hingga terigu membentuk adonan.

4.Uleni adonan hingga kalis. Setelah itu tuangkan minyak goreng dan uleni lagi hingga seluruh permukaan adonan menjadi licin

5. Ulangi langkah diatas dengan mengganti pewarna hijau dengan kopi bubuk

Cara bermain :

Ajak anak untuk membuat gunung dari playdough sekaligus untuk melatih motorik halus

Lalu saya menceritakan gunung dalam Qs. An-naba’ ayat 6-7
“Bukankah kami telah menjadikan bumi terhampar? Dan menjadikan gunung sebagai pasak?”

“Wah ternyata gunung punya akar loh, agar berdiri kokoh dan tidak roboh. Digunung juga ada rumah tempat tinggal kaumnya nabi shalih dan kaumnya nabi Hud”. Begitulah kira-kira.

Gunung berfungsi sebagai pasak atau paku yang terpancang di bumi. Fungsinya sangat besar untuk keseimbangan alam bumi, karena membuat kokoh lapisan kerak  bumi sehingga tetap stabil.

Akar ini bahkan panjangnya bisa melebihi ketinggian bagian gunung yang mencuat diatas permukaan bumi. Itulah gunung disebutkan sebagai pasak (paku). Sebagaimana dijelaskan Qs. An Naba’ ayat 6-7.

Teori gunung mempunyai akar yang menancap didalam baru diperkenalkan pada abad XIX oleh para ilmuwan. Teori lempeng tektonik tahun 1960-an juga menambahkan bahwa gunung bekerja sebagai stabilisator untuk bumi.

 Fakta ini relevan dengan penjelasan Allah dalam Qs An nahl ayat 15 “Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk”

Masya allah amazed sekali, sungguh sayapun banyak belajar 🙂

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *