DIY Toys,  Tanpa kategori

Rumah Laba – Laba (Al Ankabut)

Kalau saya punya aktivitas diluar yang biasanya paling lama setengah hari, biasanya bawa alat tempur & mainan untuk si bocah. Bikin permainan yang simple, yang ga berantakan, mudah dibawa dan ga kotor2an pastinya.

Kali ini nongkrong dari bada zuhur-magrib, walau agendanya bada’ asar saya sengaja mengajak Yaqdzan untuk bermain diluar, bersosialisasi diluar. Bocahnya lari-larian, emaknya me time (*kibas kerudung :D).Dan nyiapin sesuatu untuk menstimulasi motorik halusnya, yaitu membuat rumah laba-laba yang terinspirasi dari para homeschooler preschool di instagram dan sedikit googling materi mengenai laba-laba. Dan baru nyadar kalau si laba-laba kakinya 8 dan beberapa laba-laba yang saya buat ada yang berkaki 6 jadi kurang 2 deh 🙈. Jadi teringat teori parenting dalam memilihkan buku atau gambar untuk anak untuk jumlah anggota tubuh misalnya seharusnya sesuai dengan aslinya karena inilah yang akan dipelajari anak.

Alat dan bahannya sangat simple dari kertas karton dan benang wol. Ujungnya dikaitkan kawat bulu agar mudah dimasukkan kedalam lubang. Project rumah laba-laba ini membentuk jaring depan-belakang yang dikerjain bocah hehe..

B: Coba hitung laba-labanya ada berapa?
Y: 1,2,3,4,5,1
B: 5 +1 jadinya enaaam

Hehe begitulah cara Yaqdzan berhitung, baru lancar 1-5 dan baru faham konsep belum mengenal simbol.

Laba-laba si pembuat jaring-jaring juga Allah ceritakan dalam Al Qur’an, Qs Al ankabut yang artinya laba-laba. Sedikit memperkenalkan kepada balita bahwa laba-laba si kaki 8 ini termasuk hewan yang Allah sebut-sebut dalam Al Quran.

“Dulu kita pernah bikin mainan yang rasul dan para sahabat ngumpet di gua lalu ditolong oleh jaring laba-laba, masih ingat ga?” Tanya saya pada Yaqdzan.

Sekitar 8 bulanan lalu kami pernah membuat project sederhana memperkenalkan sirah nabawiyah melalui diorama, semoga bisa menghantarkannya pada kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *