DIY Toys,  Tanpa kategori

Sains Balita, Tenggelam/Terapung

Kali ini saya akan mengajak my little scientist untuk bermain sains menggunakan jeruk. Ini experimen sederhana alat dan bahannya mudah ditemukan di rumah. Anak- anak akan senang belajar tentang tenggelam dan melayang yang mereka explore sendiri.

Alat & bahan:
– Gelas
– Jeruk
– Air

Berawal dari practical life mengupas kulit jeruk, bunda bantu mengupas bagian atasnya dan Yaqdzan melanjutkan, merupakan pengalaman pertamanya. Lalu tuang air pada gelas kaca hingga 3/4 bagian, skill menuang air juga bagian dari practical life. Melatih otot-otot tangan, koordinasi tangan dan mata agar air tidak tumpah.

Saya meminta Yaqdzan untuk memasukkan jeruk tanpa kulit kedalam gelas kaca, tadaaaa…

“Lihat, jeruknya..Terapung ya?”. Observasi kami setelah 15 menit jeruk masih terapung. Sambil menunggu reaksi selanjutnya, Yaqdzan bermain kulit jeruk dan dimasukkan ke dalam gelas berisi air. Experimen sendiri, idesendiri hehe..

Masih penasaran 30 menit berlalu terlihat jeruk mulai tenggelam posisi ditengah- tengah gelas. Woow 15 menit kemudian tenggelam. Jadi sekitar 45 menit kami menunggu reaksi jeruk tanpa kulit untuk sampai tenggelam.

Experimen selanjutnya memasukkan jeruk utuh dengan kulitnya (tanpa dikupas) ke dalam gelas kaca. Hasilnya, jeruk terapung loh. Yaqdzan 3 tahun 4 bulan baru mengenal benda- benda yang terlihat terapung dan tenggelam, belum mengenal sebab akibat.

“Kenapa jeruk yang tanpa kulit bisa tenggelam? Karena air masuk kedalam jeruk dan ditarik oleh air kebawah jadi tenggelam deh”
*semoga penjelasan emak ga meleset 😀

Dari percobaan di atas, jeruk  yang masih ada kulitnya akan mengapung, sedangkan yang sudah dikupas akan tenggelam. Mengapa bisa begitu? Bukankah jika dikupas kulitnya berarti jeruknya akan lebih ringan?

Jeruk yang dimasukkan ke dalam air akan mengapung karena dalam kulitnya terdapat pori-pori yang terdapat rongga udara sehingga jeruk mengapung.

Bagaimana jika jeruk dimasukkan ke dalam air tanpa kulitnya? Jeruk akan tenggelam.  Mengapa? Karena kandungan air dalam jeruk yang manis memiliki massa jenis yang lebih tinggi sehingga jeruk tenggelam.

experiment 15 menit pertama

 

experiment 45 menit kemudian, lama juga ya 😀

 

yeaaay berhasil ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *