DIY Toys

Gerhana Matahari Craft

Pada tanggal 9 Maret mendatang, fenomena Gerhana Matahari Total akan mampir di kota Palembang. Salah satu fenomena alam yang menunjukkan kebesaran Allah dan mengajak kita agar mau kembali kepada Allah dan bertaubat padaNya.

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Alloh. Tidaklah keduanya mengalami gerhana karena kematian seseorang atau karena lahirnya seseorang. Jika keduanya mengalami gerhana, maka berdoalah kepada Alloh dan sholatlah hingga gerhana selesai..” (HR. Bukhori dan Muslim)

Kali ini saya akan memperkenalkan peristiwa gerhana matahari ini pada Yaqdzan (3,5 tahun) untuk pertama kalinya melalui eclipes craft agar mengetahui bahwa Allah Maha Besar & kita sebagai makhlukNya sangatlah lemah.

Alat & bahan
– kertas karton hitam
– kertas kuning
– kardus bekas
– lem
– gunting
– krayon

Cara membuat:

1. Ajak anak mempersiapkan alat & bahan.
2. Potonglah kertas kartonhitam menjadi 3 bagian.
3. Ajak anak untuk mencetak lingkaran pada kertas hitam dan kuning. Lingkaran kuning ukurannya sedikit lebih besar dibanding yang hitam.
4. Tempel lingkaran kuning pada kertas hitam
5. Buatlah gambar bumi pada kardus bekas

“Besok pagi kita mau sholat gerhana matahari, karena ada peristiwa gerhana. Bulan nutupin matahari” penjelasan saya pada si bocah.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan  terletak di antara bumi dan  matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Sebelum memperagakan bagaimana gerhana matahari ini terjadi saya sempat membaca sedikit ilmunya dulu 😀

Gerhana matahari dibagi menjadi 3:
1. Gerhana total terjadi apabila piringan Matahari ditutup se-penuhnya oleh piringan Bulan.

2. Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari.

3. Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari.

Selain itu saya menceritakan pada Yaqdzan apa kewajiban kita sebagai muslim jika menyaksikan peristiwa gerhana ini.

“Kata Allah kalau ada gerhana matahari kitadisuruh sholat gerhana, ngaji yang banyak dan infak, besok pagi2 kita ke Al Aqobah ya

Iya aku besok mau sholat ah”

“Kalau bulannya nutupin matahari nanti jadi gelaploh tapi kita ga boleh liat langsung karena bikin mata jadi rusak”.

Alhamdulillah point utama yang saya suka disaat membuat prakarya ini adalah banyak belajar banyak hal. Orang tua tidak harus semua tahu tapi harus mau belajar. Bocah belajar & yang ngajarin juga belajar 💙

hasil karyanya Yaqdzan ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *