DIY Toys

Menggambarnya Detail

Si bocah sejak usia 3 tahun hobi sekali menggambar, bisa tahan dalam waktu lama loh. Ya untuk usia balita saya hanya memfasilitasi kesukaannya tanpa mengarahkan dan mengajarkan hal-hal teknis. Sekedar coret-coret sesukanya, menghabiskan kertas berlembar-lembar bahkan buku gambarpun habis dalam 1 hari 😂😅

Gimana sih cara Yaqdzan pegang pencil ?

Dari observasi saya sejak usia 2,5 tahun si bocah mulai senang pegang pensil walau caranya masih belum tepat. Saya membebaskan Yaqdzan seiring menstimulasi motorik halusnya. Kemampuan anak memegang pensil cukup penting loh, tidak sekedar mampu menulis. Genggaman pensil yang nyaman akan membantu persendian dapat bergerak normal sehingga si kecil tidak mudah capek saat menulis. Aktivitas lain entah menggambar, mewarnai, menjiplak dll.

Jadi gimana nih, agar si bocah pencil skillnya benar? Hal utama yang saya lakukan menstimulasi motorik halusnya, melatih anak untuk menggenggam benda menggunakan 3 jari (jempol, telunjuk, jari tengah) misalnya memberi makan robot, menjumput benda kecil misalnya batu, biji-bijian, merobek kertas, meremas spons cuci piring juga baik untuk melatih kekuatan jarinya.

Diusianya yang 3 tahun alhamdulillah si bocah pegang pensilnya sudah benar. Selain sering bermain motorik halus, banyak berlatih sendiri karena gemar coret-coret. Posisi memegang pensil yang benar adalah pensil dipegang antara ibu jari dan jari telunjuk, dengan pensil bertumpu pada jari tengah atau biasa disebut tripod grasp.

Lanjut..

Dapat laporan dari gurunya, kalau Yaqdzan menggambarnya detail. Oh ya? Alhamdulillah. Dari awal sekedar coret-coret, membuat garis lurus, lingkaran dan bisa menyebutkan suatu benda yang digambar. Dan hari ini usianya 43 bulan bundanya dapat surprice.

Gambar sederhana ini terdiri dari gunung,matahari,awan,hujan. Si bocah bercerita “awan..awan..awan jadi hujan”. Oh siklus air hujan ya, mataharinya dimana kalau hujan? kecil ngumpet diatas. Yeaay Yaqdzan masih ingat tentang siklus air hujan yang sebelumnya pernah buat diorama air & hujan dalam Alquran dan experiment air hujan dari air hangat.

Jadi speecles 😢😢
Hal-hal yang kita kasih ke bocah, ternyata diserap semua. Kadang saya berpikir mungkin hal-hal kecil cukup sekedar informasi saja. Children see children do

Belajar menjadi figur yang teladan *beraaat

Palembang, 10 April 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *