DIY Toys

[Story Telling Tentang Perintah Shalat]

Main-main sore ini memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah. Bermain simple dan sederhana menggunakan stik es krim, potongan puzzle sholat, play dough, kardus bekas, kertas origami dan spidol. Berawal dari mewarnai stik es krim dengan warna yang berbeda disesuaikan dengan jumlah rakaat sholat wajib yang 5 waktu. Kami akan membahas tentang perintah shalat yang Allah wajibkan 5 waktu karena Yaqdzan yang lagi senang-senangnya ikut ayahnya ke mesjid.

Semua kita pasti sepakat, mengajak anak sholat sejak dini merupakan dalam rangka pembiasaan disaat perintah sholat kelak sudah wajib. Bahkan membiasakan sholat dimulai sejak anak dalam kandungan dengan cara memperbanyak kegiatan shalat selain shalat lima waktu. Misalnya dengan melakukanshalat-shalat sunnah ba’da dan qabliah dalam shalat fardhu, shalat malam atau shalat hajat dan sebagainya.

Lanjut..
Pada saat mewarnai stik es krim saya melibatkan Yaqdzan (43 bulan) berguna untuk menstimulasi motorik halusnya dan mengenal warna terutama warna sekunder. Langkah selanjutnya menyusun gerakan sholat dari kepingan puzzle, gerakan sholatnya sudah tau tapi belum semua tau nama2nya terutama i’tidal, duduk diantara 2 sujud. Bundanya bantu dengan memperagakan gerakan sholat Alhamdulillah selesai..

Potongan surat Albaqarah ayat 43 yang memerintahkan untuk mendirikan sholat saya bacakan dan Yaqdzan ikut mengulangi pelan-pelan sekaligus melancarkan belajar Iqranya. Lalu Yaqdzan belajar counting rakaat sholat yang 5 waktu dengan mencari persamaan warna pada ujung stik es krim. Awal-awalbocahnya bingung mungkin karena kebanyakan warna dan disusun acak 😂
Bundanya bantu mengambilkan 2 stik yang warnanya sama dan Yaqdzan menancapkan di playdough.

2 stik warna biru — sholat subuh 2 rakaat
4 stik warna orange — sholat zuhur 4 rakaat
4 stik warna biru tua — sholat asar 4 rakaat
3 stik warna ungu — sholat magrib 3 rakaat
4 stik warna coklat — sholat isya 4 rakaat

Tujuan permainan :
🚩Membahas tentang Qs Albaqarah: 43 tentang perintah shalat
🚩Menstimulasi motorik halus
🚩Memperkenalkan urutan gerakan sholat
🚩Matching warna dan angka
🚩Mengenal jumlah rakaat sholat 5 waktu
🚩Mengenal konsep berhitung
🚩Belajar membaca potongan ayat Al Quran

Semoga kelak jadi bagian orang-orang yang berbondong2 mendirikan sholat dimesjid dan sholatnya mencegah perbuatan keji dan mungkar 😢😢

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *