DIY Toys

Paper Drop (fine motor skill & Problem Solving)

image

Permainan ini terinspirasi dari sebuah web sekaligus mengulang permainan yang dulu pernah dimainkan bocah disaat usia 2 tahun. Kalau dulu kami menggunakan pom pom, kali ini menggunakan sobekan kertas. Tentunya lebih mudah simple dan Yaqdzan (4 tahun) ikut berperan lebih.

Alat dan bahan :
1. Kertas koran
2. Kertas agak tebal
3. Gunting
4. Mangkok
5. Selotip

Sesungguhnya petunjuk diweb menggunakan roll tissue toilet lalu kami modifikasi menggunakan kertas yang agak tebal yang digulung, karena roll tissue toilet ini dari jaman purba susah sekali ditemukan *lebay 😀

Lanjut..
Berawal dari merobek kertas dan diremas seperti bola – bola kecil. Si bocah serius banget, aktivitas ini merupakan aktivitas prewriting. Menstimulasi otot-otot kecil untuk memperkuat kemampuan motorik halusnya.
image

Selanjutnya roll paper ditempel di dinding diatur seseru mungkin. Memasukkan bola-bola kecil dari kertas ternyata punya tantangan tersendiri bagi bocah. Beberapa sobekan kertas yang diremas- remas banyak yang mentok #laah 😁. Yes! dari permainan ini bocah belajar tentang problem solving, bagaimana menyesuaikan ukuran kertas dengan lubang roll paper.

image

Selain itu saya sempat membahas tentang gaya gravitasi bumi, setiap benda akan jatuh ke permukaan bumi *bener ga ya 😝

Mainnya asik, buatnya mudah, alat dan bahannya memanfaatkan benda bekas. Yeaaay bocah happy & emak bahagia. Selamat bermain ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *