DIY Toys

Simulasi Kebakaran Hutan

Dalam rangka menggiatkan blog ini yang hampir 2 bulan punah, karena kesibukan aktivitas ramadhan plus packing barang untuk balik ke Jakarta jadilah aktivitas main-main bocah banyaknya di mesjid dan berujung kehabisan ide menulis *alasan :p Alhamdulillah kembali bertekad menulis setelah dipertemukan dengan seorang teman yang hobi menulis juga (thank you irma ^^). Tulisan berikut merupakan aktivitas bermain bocah 1 tahun lalu dan baru diupdate sekarang 😀

Masih ingatkah kejadian kebakaran hutan pulau Sumatera, Kalimantan akhir tahun silam? Kebetulan kami tinggal di pulau Sumatera dan ikut merasakan asap kebakaran hutan yang hampir 2 bulan. Di rumah, sayapun sempat membahas bencana alam ini sama Yaqdzan (3 tahun an). Membuat simulasi kondisi hutan yang sehat dan pasca kebakaran.

Alat dan bahan
– nampan
– hewan plastik
– daun
– playdough homemade warna coklat
– stik es krim
– ranting bunga

Cara bermain
1. Ajak anak untuk mempersiapkan alat dan bahan, termasuk salah satunya memetik ranting bunga dan rumput- rumput yang ada disekitar kosan. Dan kamipun izin dahulu pada tetangga dan pemilik kosan.

2. Persiapkan playdough yang 1 hari sebelumnya sudah dibuat, jadi tinggal dipakai kembali.

3. Stimulasi anak tentang makluk apa saja yang hidupnya dihutan.

4. Ceritakan kepada anak apa dampak dari pembakaran hutan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

image

Ini hutan tempat hidupnya burung,singa,rusa, harimau dan pohon-pohon. Kalau hutannya dibakar, hewannya pada kelaparan dan mati. Kita ngalamin asap seperti sekarang (ar-ruum: 41). Hutannya jadi gersang ga ada lagi pohon, kalau hujan ga ada lagi tempat nyimpan air (*kemaren2 belajar siklus air, mudahan2 masih inget :D)

Y: siapa yang bakai-bakai (*bakar-bakar)?
B: orang yang ga bertanggung jawab
Y: orangnya ngumpet?
B: iyaa 😀
Y: aku pakai masker kok
B: hebaat

Lalu saya lanjutkan membahas Qs Ar Rum: 41
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supaya
Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”

Dalam Alqur’an, Allah SWT secara tegas menjelaskan tentang akibat yng ditimbulkan karena perbuatan manusia yang mengekploitasi lingkungan yang berlebihan. Semoga bisa jadi pembelajaran bagi kita semua.

Sekian main-main kami di rumah, semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *