DIY Toys

Transferring Lego

Halooo

Siang ini kami bermain transferring lego menggunakan penjepit sekaligus water play, yang pasti bocah senang banget. Mainnya gampang, emak ga perlu repot menggambar ataupun potong- potong kardus :D. Saya pakai penjepit yang biasa digunakan di dapur yang ternyata 1 tahun terakhir Yaqdzan belum pernah bermain menggunakan ini. Jadi exited sekali..

Prinsip bermain menggunakan penjepit ini,  untuk melatih keterampilan motorik halus. Membutuhkan otot-otot kecil seperti aktivitas menggunting atau menulis. Disaat menggunakan penjepit anak belajar sesuatu yang baru, menyatukan 2 sisi jari-jari yang berlawanan untuk mengambil benda. Oh iya selain menggunakan penjepit makanan bisa juga menggunakan pinset, diy dari stik es krim ataupun jenis lain yang dirancang khusus untuk bermain anak dengan ukuran yang berbeda.

image

Lanjut..

Alat dan bahan yang digunakan:
– Ember
– Lego
– Mangkok kecil
– Penjepit
– Air

Udah gitu aja 😄

Masukkan lego ke dalam ember yang berisi air, posisikan mangkok kecil disebelah kanan. Anak akan mentransfer lego dari kiri ke kanan untuk skill menulis latin atau sebaliknya untuk skill menulis arab.

Selain aktivitas transferring saya mengajak Yaqdzan untuk observasi benda- benda yang tenggelam dan melayang. Alhamdulillah si bocah sudah bisa membedakan benda tenggelam dan terapung bahkan mendorong lego terapung kedasar ember yang berubah menjadi tenggelam.

Aktivitas lain bermain air sambil counting, menghitung jumlah lego dan mata lego yang bentuknya berbeda-beda. Belum tau bentuk angka, baru faham konsep berhitung. Disaat bocah anteng main saya juga menyempatkan talaqi surat-surat pendek, meskipun ga mau ngikutin karena udah ngantuk tapi ga mau tidur. He said “aku nyimak aja” oke deh 😁

image

Happy playing ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *