DIY Toys

Countdown To Dzulhijjah

Edisi bermain hari ini saya mau berdiskusi seputar bulan Dzulhijjah sama bocah. Pengenalan bulan Dzulhijjah ini dimulai dari tahun lalu, si bocah usia 3 tahun. Oh iya tahun lalu selain pengenalan di rumah, Yaqdzan juga ikut manasik haji nebeng sama sekolah sebelah :D. Sekaligus mau review pengalaman lalu.
Kenapa bulan dzulhijjah ini dibahas? Karena bulan ini begitu istimewa dan banyak amalan-amalan yang dianjurkan dibulan ini terutama 10 hari pertama. Tentunya sebelum bercerita pada bocah, saya membaca ulang tentang bulan dzhulhijjah ini. Alhamdulillah belajar lagi 😀
Sabda Rasulullah SAW :
“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih disukaiNya untuk digunakan sebagai tempat beramal sebagaimana 10 hari ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Karenanya, perbanyaklah pada hari-hari itu bacaan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad)

Saya memperkenalkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini melalui sensory bin activity.
Alat dan bahan:
– Tepung agar yang expired, saya informasikan pada Yaqdzan kalau media yang kita pakai yang sudah tidak layak makan. Kalau ga punya yang expired sebaiknya cari media lain yang bukan bahan makanan.

– Buah pinang, tuliskan angka 1-10 pada kulit. Karena si buah pinang akan diambil bijinya saja jadi si kulit bisa kami  coret-coret hehe

– Spidol

– Tray
Cara bermain:
Open ended play! mempersilahkan bocah untuk explore sendiri, tentunya didampingi sambil story telling. Dimulai dari angka 1 menandakan masuknya bulan zhulhijjah, lalu kami membahas tentang ibadah haji dan qurban yang masih teringat jelas bagi Yaqdzan. Beberapa amalan lainnya, membantu bunda, hafalan quran, mengaji, berpuasa, sholat idul adha dll.
“Eh tau ga, Allah kasih pahala banyak dibulan ini loh! Kalau Yaqdzan bantu bunda dapat pahala ga? Iya! Kalau bantu nenek? Ga dapat pahala! *tanya kenapa? 😀 Kalau bantuin mbah? Iya, kalau bangunin mbah ga dapat pahala! Loh kenapa? Mbahnya lagi istirahat! Ooh iya hahah”

Sepenggal cerita ala balita, yang bocahnya sebenarnya asik ngoprek tepung dimasukin plastik, dicetak pakai block, membuat jalan untuk mengelilingi kabah. Asik banget non stop 1 jam, seperti tak mendengar tapi jangan salah loh anak-anak seperti spons cepat sekali menyerap.
Next time insya allah mau bermain tentang ibadah haji, bagaimana asal usul turunnya perintah Qurban, hewan-hewan yang diperbolehkan untuk qurban beserta syaratnya. Semoga semangat terus, happy playing ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *