DIY Toys

Diorama Abdullah Bin Umar (Material Mendongeng)

 


Siapa sih yang ga kenal Watiek Ideo? Penulis buku anak salah satunya “Kisah Kota Kita”yang mendapat apresiasi dari Presiden RI, Ir.H.Joko Widodo. Buku ini merupakan rujukan ide bermain belajar Yaqdzan sejak 2 tahun. Beliau juga mengelola *Rumah Baca Lintang* bersama Suami di Desa Ngelom Sidoarjo sebagai Fasilitas membangun kesadaran membaca dan mencintai buku bagi warga sekitar.

Nah beberapa pekan silam beliau merupakan narsum di Rumah Main Anak yang bertemakan seputar mendongeng. Apa sih manfaat mendongeng? Kenapa sih anak & orang tua musti meluangkan waktu buat sesi ini. Beliau mengupas tuntas tema ini, dan sesi tanya jawab ibu-ibu yang seru sekali. Reminder buat saya dan suami kalau sesi mendongeng ini belum rutin kami tunaikan #aaah maafkaan.

Tema mendongeng ini pun diangkat sebagai pekan berbagi oleh grup RMA. Material dongeng mengajak ibu-ibu agar lebih kreatif dan mengundang sorot mata anak disaat mendongeng. Medianya boleh apa saja, entah boneka, lukisan, gambar- gambar, printable dll. Pengalaman kami dirumah setiap sesi bersama buku, jujur saya jarang sekali menggunakan material dongeng. Flashback bocah jelang 2.5 tahun belum mudeng yang namanya buku, emak liatin gambar si bocah melipir lari kemana :p mungkin dengan material dongeng ini anak lebih tertarik.

Main apa hari ini? Bingung. Udah googling makin bingung 😂 Cek dan diricek bukunya si bocah yang ada dirumah nenek cuma ada 2 biji sahabat rasul dan shalat berjamaah. Yowes akhirnya kami eksekusi salah satu sahabat rasul “Abdullah Bin Umar”. Medianya? Terinspirasi dari postingan bermain Yaqdzan 2 tahun silam dan disulap sesuai alat dan bahan yang ada.

Yuk buat Diorama Kisah sahabat cilik rasulullah/ Abdullah bin umar 🙂

Alat & bahan:

– kertas karton

– Gunting

– kapas

– kantong plastik

– serabut kelapa

– potongan kayu

– karet

– dahan buah pinang

– kertas origami

– krayon

– lem

– buku abdullah bin umar

Cara Membuat:

Buat diorama suasana di gurun pasir dan bagaimana kehidupan abdullah bin umar dan libatkan anak sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Cara Bermain:

Bacakan cerita dongeng dengan menggerakkan tokoh2 yang ada pada diorama.

Tujuan permainan:

1. Meningkatkan bonding dengan anak melalui buku.

2. Menambah kosakata anak dan kemampuan berbahasa anak.

3. Memberikan teladan tentang kisah2 para sahabat.

5. Menstimulasi motorik halus.

6. Menanamkan kecintaan pada buku.

Anyway alat dan bahannya banyak banget, perintilan kecil yang ada di alam. Si kantong  plastik kuning kami sulap jadi matahari, si serabut kelapa buat orang-orangan saking ga adanya benda-benda lucu. Membuatnya pun membutuhkan waktu yang lumayan, sampai si bocah anteng main tepung *alamaaaak 😂😂

Belajar dari kedermanan abdullah bin umar, semangat menyebarkan kebaikan dan semangat beribadah. Semoga kisah perjalanan kehidupannya menjadi suri tauladan bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *