Hamil dan Melahirkan

Enam Hari Postnatal Bersama Verloskundige, Zuigzorg & Kraamzorg

Hearing Test

Berikut pengalaman saya bersama verloskundige/bidan, zuigzorg/biro konsultasi dan kraamzorg/maternity assistant. Bagaimana pelayanan berkesinambungan dari rumah sakit sampai 6 hari postnatal di rumah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi kesehatan saya dan bayi akan ditulis pada buku kraamzorg yang akan disampaikan pada bidan. Tujuan dari maternity care ini adalah pada hari ke 1-3 post natal semua kebutuhan ibu dan bayi akan dibantu kraamzorg, pada hari ke 4-6 seorang ibu mulai belajar dan melihat bagaimana tanggung jawab keseharian mengurus bayi dan anggota keluarga lain dan pada hari ke 7-8 semua kebutuhan di rumah diharapkan ibu sudah bisa melakukannya sendiri.

Berikut hasil observasi dan monitoring kraamzorg selama 6 hari postnatal. Asuhan utamanya fokus pada:

1. Kondisi kesehatan bayi

  • Suhu tubuh
  • Berat badan
  • Tali pusat
  • Pernafasan
  • Warna kulit (ikterus patologis/fisiologis)
  • Tangisan (kuat/lemah)
  • Asi
  • Urine

2. Kondisi kesehatan ibu

  • Suhu tubuh
  • Nadi
  • Bleeding
  • Kondisi luka perinium
  • Kondisi uterus
  • Jam tidur

Beberapa edukasi yang dijelaskan di buku kraamzorg:
1. Mengganti popok

Jaga kebersihan bayi dan setelah pup silahkan bersihkan menggunakan kapas basah atau tissue basah. Cek popok setiap akan menyusui dan akan membantu membangunkan bayi yang awal-awal kelahiran yang jam tidurnya cukup banyak.
2. Tali pusat

Prinsip perawatan tali pusat adalah bersih dan kering tanpa dikasih alkohol, betadine dan kassa.
3. Hot water bottle

Membantu menghangat bayi terutama saat winter, isi botol dengan air panas dan pastikan botol tertutup kuat lalu masukkan botol pada covernya dan letakkan botol disisi kiri kanan bayi diantara selimut.
4. Breastfeeding

Sebelum menyusui bayi dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, posisi tubuh yang relax, posisi menyusui yang benar.
5. Postnatal gymnastics 

Selain itu kami dijadwalkan untuk bertemu dengan petugas zuidzorg pada hari ke-4 yaitu untuk pemeriksaan guthrie test dan hearing test pada bayi, petugasnya sendiri adalah dokter. Guthrie test adalah  pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi penyakit keturunan. Sample darah diambil dari tumit bayi di awal minggu kelahiran. Pemeriksaan ini dilakukan di rumah dengan adanya kunjungan dari petugas zuidzorg. Lalu hearing test, alhamdulillah hasil pemeriksaan seluruhnya normal.

Di hari ke-6 postnatal merupakan kunjungan terakhir bidan ke rumah, saya sempat menanyakan bagaimana kondisi bilirubin bayi yang dilihat dari observasi secara fisik keseluruhan karena khawatir bayi yang lahir prematur dan kecil berpotensi untuk kuning patologis. Penjelasan bidan dan kraamzorg bahwa ini semua masih batas fisiologis, akan hilang beberapa hari berikutnya dengan tetap memantau bab, bak dan support asi yang bagus. Melihat kekhawatiran kami dan menanyakan berulang-ulang akhirnya bidan menelpon petugas laboratorium untuk memastikan kadar bilirubin. Petugas diagnostic voor saat itu juga datang ke rumah, ini merupakan petugas laboratorium keliling yang datang dari rumah ke rumah se kota Eindhoven. Dan hasil pemeriksaan akan diinfokan hari itu juga oleh bidan & alhamdulillah hasilnya dalam batas normal.

Pelayanan selanjutnya bidan menanyakan bagaimana rencana kami ke depannya, salah satunya rencana menyusui ke depannya. Saya menceritakan akan memberikan asi eksklusif sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan menyusui sampai usia 2 tahun dan riwayat menyusui sebelumnya yang sama. Hal ini membuat bidan dan kraamzorg cukup kaget, karena pemberian asi eksklusif 6 bulan sendiri di Belanda cukup rendah hanya 18%. Selanjutnya jika ada masalah seputar ibu dan bayi seperti keluhan luka jahitan, perdarahan, masalah tali pusat, menyusui dll kami dipersilahkan untuk menghubungi bidan by phone terlebih dahulu karena sampai 6 minggu postnatal masih tanggung jawab bidan. Sedangkan untuk seputar tumbuh kembang anak & imunisasi kami diarahkan untuk berkonsultasi dengan zuidzorg (biro konsultasi). Petugasnya sendiri adalah dokter dan nurse.

Pada hari ke-6 pihak zuidzorgpun datang ke rumah untuk mengecek tumbuh kembang bayi salah satunya mengecek otot leher dengan memposisikan bayi tengkurep dan menjelaskan bagaimana role pelayanan anak-anak di Belanda, yang mana anak-anak disini amat dijaga negara. Setiap anak akan terpantau tumbuh kembangnya sekaligus tindakan preventif terhadap kejadian upnormal. Untuk hal-hal remehpun kami boleh menanyakan pada pihak zuidzorg baik untuk bertemu langsung ataupun by phone. Misalnya bagaimana mengajarkan anak tidur sendiri, jam tidurnya yang tidak teratur dll.

Lalu kebiasaan yang agak berbeda dengan Indonesia terhadap bayi adalah pemberian vitamin D dan vitamin K pada anak. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi dan tulang pada anak.  Pemberian vitamin D diutamakan sampai anak berusia 4 tahun atau diatas 4 tahun yang punya aktivitas diluar kurang dari 15 menit/hari atau bagi orang Afrika & Asia yang punya warna kulit lebih gelap. Di Belanda sendiri sepanjang tahun matahari tidak setiap hari muncul, oleh karena itu The Nederlands Voedingscentrum (the Dutch Nutrition Centre) menganjurkan untuk pemberian suplemen vitamin D pada anak.

Bagaimana dengan vitamin K? Kekurangan vitamin K berpotensi menyebabkan perdarahan intracranial bagi bayi terutama pada beberapa jam setelah lahir, minggu pertama lahir dan minggu kedua sampai minggu ke 12. Di Belanda setiap tahunnya terdapat 5 bayi yang mengalami perdarahan. Oleh karena itu The Health Council of the Netherlands, menganjurkan untuk pemberian vitamin K oral dari hari ke 8 sampai usia 3 bulan bagi bayi yang mendapatkan Asi. Seperti inilah role perawatan 6 hari postnatal di Belanda, untuk bayi sendiri tidak ada perawatan khusus. Semoga ini semua bisa menjawab pertanyaan teman-teman tentang bagaimana perawatan bayi prematur dan berat badan rendah. Alhamdulillah semuanya sehat dan berharap saya bisa mendampingi tumbuh kembangnya dengan sebaik-baiknya.

#Next blog insya allah akan berbagi seputar imunisasi dan tumbuh kembang anak
Eindhoven, 8 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *