DIY Toys,  Eindhoven,  Spiritual Journey

Snow Cerita Qs Annur: 43

The Snow Cycle

Peristiwa turunnya salju kemaren membuat saya penasaran. Harapannya setiap kejadian alam menjadi ladang bertambahnya ilmu, bertambahnya keimanan dan kesyukuran pada Sang Pencipta. Inipun akan menjadi pembahasan kami di rumah bersama Yaqdzan. Lagi-lagi saya takjub setelah membahas proses terbentuknya janin dalam rahim yang dibahas dalam ilmu kedokteran dan kebidanan ternyata Al qur’an sudah lebih dahulu menjelaskan semuanya. Pun sama halnya dengan kejadian hujan es ini. Jadilah pagi ini kami mengumpulkan sisa2 es yang belum meleleh dan membahas bagaimana proses terjadinya salju.

Alat dan bahan:

  • Plastik ziplock
  • Spidol
  • Es

Peristiwa ini hampir mirip dengan proses terjadinya hujan yang sebelumnya sempat jadi topik bermain Yaqdzan dan ternyata si bocah masih ingat. Selain itu Yaqdzan bermain sains, observasi perubahan wujud dari es menjadi air.

“Tidaklah kamu malihat bahwa allah mengarak awan,kemudian mengumpulkan antara(bagian-bagiannya),kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit,(yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung,maka ditimpakannya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendakinya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya.Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.”(QS. An-Noor:43)

Eindhoven, Winter 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *