Cerita Yaqdzan & Faiha,  Kesehatan

Belandapun Punya Program Vaksinasi

IMG_20170405_173732
Faiha 2 months old

Pada bulan Februari lalu, setelah kelahiran Faiha kami mendapatkan surat dari National Institute for Public Health and Environment Department of Health Welfare and Sport mengenai vaksinasi di Belanda. Surat ini terdiri dari penjelasan bagaimana program vaksinasi disini, beberapa lembar vaccination card dan vaccination certificate. Vaksinasi ini dijadwalkan oleh zuidzorg/posyandu saat Faiha berusia 8 minggu yang merupakan kunjungan ke-2 kami setelah general check up tumbuh kembang Faiha disaat usia 6 minggu.

Ada 12 jenis imunisasi wajib di Belanda:

  • Diphtheria (D) 
  • Pertussis (whooping cough) (aP) 
  • Tetanus (T) 
  • Polio (IPV) 
  • Haemophilus influenzae type b (Hib) 
  • Pneumococcal disease (PCV) 
  • Hepatitis B (HBV) 
  • Mumps (M) 
  • Measles (M) 
  • Rubella (German measles) (R) 
  • Meningococcal disease (MenC) 
  • Human papillomavirus (HPV) 

Imunisasi ini merupakan program dari pemerintah dan tidak dikenakan biaya, gratis. Saat appointment sebelumnya zuidzorg mengatakan bahwa kami akan bertemu dengan nurse untuk vaksinasi. Dua hari sebelum kunjungan kami mendapatkan sms notifikasi untuk mengingatkan bahwa kami punya janji dengan zuidzorg. Disaat kunjungan membawa buku tumbuh kembang dari zuidzorg dan surat vaksinasi yang sebelumnya kami dapatkan. Diawali dengan pemeriksaan lingkar kepala, panjang badan dan berat badan oleh petugas administrasi. Kemudian pemeriksaan fisik secara keseluruhan oleh nurse. Pertumbuhannya secara umum normal, meskipun berat badan lahir dibawah kurva hijau tapi pertambahan BBnya cukup bagus. Untuk asupan Asi, pola tidur dan defekasi tidak ada masalah. Bentuk kepala sisi kanan agak flat karena posisi tidur yang dominan disisi kanan, maka nurse menganjurkan untuk selang-seling posisi tidur dan merutinkan tummy time. Selain itu nurse juga mengecek perkembangan motorik Faiha.

Jenis imunisasi yang diberikan pada Faiha adalah diphtheria (D), pertussis (whooping cough) (aP) ,tetanus (T), haemophilus influenzae type b (Hib), pneumococcal disease (PCV), dan hepatitis B (HBV). Injeksi DTP-Hib-HepB dipaha kiri dan injeksi pneu dipaha kanan. Pemberian imunisasi DTP mempunyai efek samping demam dan setiap anak punya respon tubuh yang berbeda. Jika demam dengan suhu tubuh 39°C nurse menganjurkan kami untuk memberikan paracetamol dan jika dalam 3 hari demam tidak turun silakan untuk menghubungi dokter keluarga.

photo_2017-04-06_01-13-50
www.rivm.nl

Secara hukum, imunisasi di Belanda tidak bersifat wajib tapi 95% orangtua mengantarkan anaknya untuk imunisasi (www.rivm.nl). Dan pemberian vaksinasi BCG tidak ada di Belanda karena angka kejadian TBC tidak ada. Termasuk warga asing yang akan tinggal di Belanda harus bebas TBC dan dalam waktu tertentu akan ada pemantauan test tbc secara berkala oleh negara. Seperti inilah pelayanan kesehatan anak disini, zuidzorg adalah lembaga yang fokus pada tumbuh kembang anak 0-4 tahun termasuk imunisasi. Appointment kami selanjutnya dijadwalkan bulan depan untuk pengecekan tumbuh kembang anak dan imunisasi yang petugasnya sendiri adalah dokter.

Eindhoven, 4 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *