Cerita Yaqdzan & Faiha,  Kesehatan

Baby Stimulation Ala Faiha

Di Belanda anak-anak 0-4 tahun mendapat perhatian seputar tumbuh kembang dari pemerintah melalui konsultasi biro. Sehingga setiap bulan kami selalu berkunjung ke konsutasi biro untuk pengecekan tumbuh kembang Faiha sekaligus vaksinasi yang ditetapkan oleh pemerintah (gratis) yang dilakukan bergantian oleh dokter dan nurse. Kami bisa berkonsultasi dalam hal apapun termasuk hal-hal  sepele seperti anak sering rewel, tidak mau tidur di crib dll akan dilayani dengan baik.
Kali ini saya akan menuliskan beberapa stimulasi usia 0-6 bulan yang saya dapatkan dari tenaga kesehatan konsultasi biro, kebiasaan warga disini, dan beberapa terinspirasi dari ibu2 di instagram.
1. Tummy time

Tummy time ini dianjurkan sejak Faiha berusia 2 minggu, tujuannya menguatkan otot-otot leher dan tangan menuju perkembangan selanjutnya. Dan yang lebih penting untuk usia awal agar bayi mampu menggerakkan posisi kepala disaat tidur, baik posisi kiri, kanan, dan belakang. Sehingga mengurangi resiko plagiocephaly, yang umumnya disebut kepala peyang.

 

DSCF3537
tummy time usia 2 bulan

 

DSCF6097
tummy time usia 5 bulan

2. Dalam posisi apapun latih motorik bayi untuk melihat kanan kiri.

 

Disaat bayi mulai kuat untuk tummy time, latihlah untuk menoleh ke kiri dan ke kanan. Termasuk disaat posisi terlentang dan duduk.

Caranya dengan meletakkan mainan di sebelah kiri dan kanan bayi sehingga bayi tertarik untuk menoleh ke kiri dan kanan.

DSCF6100
stimulasi menoleh ke kiri dan ke kanan

3. Menstimulasi motorik kasar dengan menggerakkan kedua kaki kearah kepala pada saat usia 4 bulan. Hal ini bertujuan untuk melenturkan otot kaki yang menjadi skill awal untuk belajar tengkurap.

 

DSCF6095
Adik Faiha paling senang posisi seperti ini hehe..

4. Kemampuan memegang benda dengan kedua tangan

 

DSCF5976
Usia 3 bulan baru bias pegang benda 1 tangan

 

5. Kemampuan mengexplorasi benda disaat tengkurap

DSCF6656
Softbook ini ada cermin, bunyi krincingan, bunyi toet2 dan gambarnya timbul
DSCF6625
DIY sensory play

 

6. Rolling kiri & kanan

DSCF6106

7. flying kiri dan kanan untuk melenturkan otot-otot punggung bisa dilakukan sejak usia 5 bulan

8. Menstimulasi indera penglihatan
Menurut Dr Sears dalam artikelnya Visual Stimulation Tips for the Newborn Months memaparkan saat anak baru lahir, retina matanya hanya mampu mendeteksi warna yang sangat kontras seperti gelap dan terang atau hitam dan putih. Penelitian membuktikan kedua warna kontras tersebut mengirimkan sinyal visual lebih kuat ke otak. Ini berarti kemampuan visual akan lebih baik jika otak mampu menerima sinyal kuat dari warna-warna tersebut.

DSCF3924
Stimulasi penglihatan melalui black and white
DSCF3914
Diy cardnya adik Faiha usia 4 minggu
DSCF3802
Adik Faiha lagi berkunjung ke library

10. Sensory play

Permainan yang menstimulasi semua indera pada bayi baik indera penglihatan, indera pengecap, indera pendengaran, indera penciuman dan indera peraba.

DSCF6117
Sensory playnya adik Faiha, nginjek2 alumunium

 

 

DSCF7212
Sensory book

 

 

DSCF6749
Touch and fell book

 

DSCF7207
Mengenal hijaiyyah dan meraba huruf yang timbul dari my mat learning roots

 

11. Memperdengarkan ayat Alquran

12. Book time

Pengetahuan yang paling istimewa dan amazing bagi saya adalah tentang book time bersama bayi. Loh kenapa? Saya begitu yakin membacakan buku sejak dini pada anak akan kaya manfaat. Tapi yang begitu mengagetkan saat sebuah sesi sharing saya dengan seseorang bagaimana seorang warga sini mendampingi tumbuh kembang anak-anaknya. Tentang kemandirian, disiplin dan waktu membacakan buku bagi anak. Sejak bayi berusia 3 minggu, kegiatan ini sangat penting baginya.

Wiliam Staso, PhD dalam bukunya Neural Foundation, What Stimulation Your Baby Needs to Become Smart menyebut bahwa membaca adalah kesempatan menjalin bonding, mengasah kemampuan mengingat dan segudang manfaat lainnya.

Hal ini pun menjadi reminder bagi kami, bercermin dari sebuah budaya baik suatu negara yang minat membacanya cukuplah tinggi. Terlihat bagaimana negara memfasilitasi ini semua, salah satunya perpustakaan sekolah maupun kota yang menyediakan tempat dan fasilitas bagi anak-anak. Dari baby book maupun pre readers book yang bisa kami pinjam dari perpustakaan. Selain itu beberapa material untuk tumbuh kembang anak kami bisa meminjam di perpustakaan ataupun mendapatkannya ditoko-toko bekas/grup media sosial yang harganya sangatlah terjangkau dan murah.

Tapi fasilitas bukanlah kunci keberhasilan utamanya, bagaimana orangtua membersamai tumbuh kembang anak-anak dan doa-doanya yang tiada terputus.

DSCF6602DSCF3809

DSCF4938DSCF493617952732_10206654286435194_2820027788899529710_n

Eindhoven, summer 2017

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *