Mainan Kardus,  Spiritual Journey

Inspirasi dari Tech & Play Kids Festival

Tech-play-Kids-Festival
Picture diambil dari google

Yaqdzan hampir dua hari ga bertemu ayahnya, loh kenapa? Hehe saya tau kalau ada kesedihan menyertainya. Bagaimana tidak, setiap harinya kalau moment yang ditunggu adalah bermain bersama ayah. Baru saja ayahnya pulang, anak-anak “berhamburan” di depan pintu. Lalu saya mengabarkan akan bermain kardus dan berkunjung ke perpustakaan. Horeeee! Senangnya luar biasa.

Jauh-jauh hari kami sudah merencanakan family time untuk berkunjung ke tech & play kids festival. Sebuah festival teknologi yang diikuti anak-anak 4-12 tahun hanya dengan tiket 2 euro/orang termasuk orangtua. “Konsekuensinya” ayahnya akan full menyelesaikan tugas negaranya dulu, baru liburan itu akan tiba hihi..Saling berbesar hati dalam setiap keadaan, membantu, mensupport dan mendoakan. “Menyalakan kompor niatkan karenaNya” begitu suami sering mengingatkan. Ada masanya saya bersama anak-anak berkolaborasi mengerjakan semuanya. Tiba masanya kami akan berkumpul bersama, seorang bapak yang tak sungkan mengganti popok bayi, memandikan, mencuci piring, beres-beres rumah, menyuruh saya break sejenak. Ah, apalagi yang dicari, kalau bukan sayap-sayap keberkahan.

Keseruan kids Festival anak-anak kemaren, persembahan special dari de Bibliotheek (library) mengisi liburan anak-anak. Ramainya tempat ini dikunjungi, mengingatkan akan event legoworld beberapa bulan lalu. Belajar tentang music experience, animasi, photo booth, aluminium LED, komputer, silent swing, aneka permainan dengan prinsip engineering sederhana dan juga playground anak 2-7 tahun.

Kami akan ikut sesi ke-2 dengan durasi 3 jam, baru saja memasuki gedung. Woow ramai sekali! Setiap stand penuh dipadati anak-anak. Melihat banyak sekali layar komputer, hmmm Yaqdzan bisa belajar apa ya. Oh iya Yaqdzan juga bertemu kak Mentari, abang Nolan, abang Masena dan beberapa orang teman sekolah.

DSCF4069
suasana gedung orangtua, oma, opa turut hadir

Kami memasuki playground anak-anak, caterpillar LED. Prinsip bermain yang simple dan asik, merangkai dan mengurutkan part caterpillar. Maka caterpillar akan bergerak sesuai arah panah setiap part. Setiap stand akan ada petugas yang membimbing, membantu dan memperhatikan kalau setiap anak akan punya giliran. Faiha juga mendapat kesempatan loh 🙂

Disaat bermain saya memperhatikan anak-anak lain begitu sigap, sigap “merampas” dan juga memberi. Baru saja beberapa part caterpillar ini nganggur, loh ada yang ambil. “Yaqdzan mainannya dijaga biar ga diambil temannya” ujar saya dengan agak kesal. Fiuh! Anak-anak sini memang sigap, cepat dan cekatan banget. Baru saja bermain, Yaqdzan membuka 2 keping caterpillarnya dan memberikan kepada temannya. Di hati saya bergumam bukannya lebih seru kalau panjang, tadi kan sudah ada yang rampas.

“dis is voor jau” loh ada yang suka rela memberikan beberapa keping mainannya kepada Yaqdzan. Seperti inilah kebaikan mengajarkan. Anak-anak mudah sekali berbagi. Benarlah adanya setiap kebaikan yang dibuat pun akan berbalas kebaikan.

Ada event apa lagi? kepingan kayu diatas, permainan konstrusi kolaborasi kayu dengan clip yang menstimulasi kreativitas tiada batas menjadi elemen 3 dimensi. Bagi yang berusia 7 tahun keatas lebih banyak duduk didepan layar komputer. Membuat animasi, menyalakan lampu LED lewat layar, menyalakan LED dari putaran mur dan baut, membangun 3 dimensi dari sedotan, drawing dll. Dari Circle kayu anak-anak juga akan belajar melewati berbagai rintangan bersama-sama. Balok-balok dan spot layar sentuh juga disediakan bagi anak-anak 2 tahun an.

Saya mungkin ibu yang berbahagia melihat bilah kayu, kardus dan gelas kertas yang berserakan. Bagaimana tidak, kalaulah material bermain lainnya terbatas didapat di rumah. Namun Benda-benda ini memberi kreativitas tiada batas. Sebut saja dari bilah kayu dan karet anak akan membuat sebuah bangunan dengan prinsip keseimbangan. Hanya dari gelas kertas yang berserakan anak2 kok asik sekali menyusun dan membongkar. Hanya dari sedotan, stik kayu, kertas, gelas kertas anak2 berkreativitas tiada batas seperti roket, alat redam bunyi, pesawat. Aneka kreativitas kardus yang ciamik karya anak-anak yang begitu sederhana. Namun bagi saya kardus selalu istimewa, unik dan bergengsi!

Ada hal menarik juga kalau kami bertemu dengan penemu salah satu material mainan. Masya Allah, inovatif dan inspiratif sekali. Saya betul-betul tidak menyangka kalau event ini tidak hanya menghadirkan layar teknologi, alat-alat sederhana yang mengajarkan teknologi sederhana begitu inspiratif dan kecenya.

Lagi-lagi keterbatasan sebuah material bukan batasan untuk bermain, berkreativitas. Lorong-lorong waktu bersama anak yang tak terulang kembali. Segera memulai, kalau bukan sekarang kapan lagi? Yuk bermain! 🙂

Eindhoven, Winter break 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *