Buku Anak

Review Buku-Buku Islam Anak Berbahasa Inggris

Baru saja menginjakkan kaki di negeri kincir angin ini, menengok kebelakang teringat akan buku Yaqdzan yang mendebu begitu saja. Hanya dua buku favoritnya, Pipin & Ipo-ipo yang diceritakan dalam buku Asmaul Husna. Bagaimana sederhana dan menariknya buku ini memperkenalkan sifat-sifat Allah. “Bunda kenapa Allah ga kesini? katanya Allah mau kasih mainan” tanya Yaqdzan.

“Bukan lemah lembut yang akan kita ajarkan kepada anak, tetapi kuat dan lembut. Kuat di dalam prinsip, kuat dalam apa yang ia yakini, asalkan itu kebaikan, tetapi juga lembut dalam sikap,” mengutip seorang guru, ustadz Salim Afillah. Saya percaya setiap anak selalu bersama kebaikan, berada diatas fitrahnya yaitu mentauhidkan Allah Azza wa Jalla. Namun, tantangannya bagaimana memahamkannya pada anak. Dan masa balita adalah golden age untuk menanam tauhid.

Baca juga Bermain Kardus, Menyambung Kreativitas & Usaha Ramah Lingkungan

Sebenarnya saya ingin bercerita tentang buku-buku Islam yang kami pakai di rumah. Buku-buku yang dipakai berbahasa Inggris yang hampir seluruhnya kami dapatkan dari UK. Ketika ada beberapa buku pilihan yang saya suguhkan, suami selalu mendahulukan buku-buku Islam. Menanam, menyiram dan memupuk nilai-nilai aqidah semoga proses belajar sepanjang usia hanya untuk Allah.

1. My Special Angels The Two Noble Scribes
Author: Razana Noor
Ilustrated: Omar Burgess
First Published: the islamic Foundation, 2016

Masya Allah!

Buku ini memperkenalkan tentang 2 malaikat pencatat amal, amal kebaikan dan keburukan. Mengajarkan bahwa setiap apapun yang dilakukan anak-anak selalu ada Allah dan malaikat bersamanya.

Jatuh cinta dan terkagum-kagum pada ilustrasinya, UNIK!betul-betul keseharian yang dialami anak-anak dan disuguhkan sangat menarik dan elegan. Saat anak-anak meminjamkan mainan kesayangannya kepada teman, ternyata malaikat selalu mencatat dengan nilai kebaikan loh. Siapa sih ilustratornya? Omar Burgess yang juga karyanya ada dibuku lain. Jadilah Hassan & anessa celebrate ied/ramadan juga menjadi bacaan anak-anak di rumah.

Tipe buku hardback, kualiatas glossy paper, textnya simple dan bergambar besar, terdiri dari 20 halaman. Konten inipun pertamanya hadir di keluarga kami. Saya sangat merecomendasikan buku ini bagi setiap keluarga muslim 🙂

2. Buku-buku dari Learning Roots

Buku-buku learning roots ini mengingatkan kegalauan saya awal mula hijrah ke Eindhoven sekaligus obat hati. Bahwa berjodoh dengan buku-buku ini, saya salah satu ibu yang menyambutnya dengan suka cita. Free shipping (+ nominal pembelian) UK-NL yang ditawarkan saat itu kami tidak berpikir panjang, insya allah akan menjadi asupan bergizi ditengah keluarga kami. Saya akan review bukunya satu persatu ya.

#The Prophets Ponds

Author: Zaheer Khatri
Ilustrations by Learning Roots
First Published: In the Unitef Kingdom, 2015
Tipe buku: Hardback
Kualitas: glossy paper
Jumlah: 22 halaman

Zayd ingin bertemu dengan seseorang di sebuah telaga yang spesial. Tetapi dia tahu kalau telaga ini sulit untuk ditemukan. Lalu Zayd mengajak ibunya menemukan telaga ini, telaga demi telaga dilewati bersama ibu tetapi bukan yang dia cari. Siapakah yang akan ditemui Zayd? Telaga apakah itu? Muhammad SAW!

Rasanya kok terharu, bagaimana mengantarkan anak-anak memahami dan membayangkan surgaNya yang begitu indah. Dengan ilustrasi yang menarik, cerita yang mudah dipahami. Yaqdzan selalu terkesima dengan buku ini, buku favorit bersama ayah.

Baca juga Ruang Public Terbuka Ramah Anak Jakarta, Bahagiakan Anak-Anak

#Stories of the Prophets

Author: Zaheer Khatri
Ilustrations by Learning Roots
First Published: In the Unitef Kingdom, 2007
Tipe buku: Hardback
Kualitas: glossy paper
Jumlah: 52-76 halaman

Membacakan buku sebelum tidur biasanya menjadi ritual kami bersama anak-anak. Yaqdzan biasanya sudah refleks “Yaqdzan waktunya tidur, pipis dan gosok gigi dulu. Abis itu baca buku, ngaji? Iya”. Saya percaya dari mendongeng, membacakan buku ada kebaikan yang disampaikan. Harapannya kebaikan itu menjadi akhlak yang tertanam pada anak-anak kelak.

Bercerita tentang kisah para nabi, bukan sekedar mengenal sejarah masa lalu. Teladan dan kesungguhan utamanya. Lima kisah kenabian yang Allah ceritakan dalam Alquran yaitu nabi isa, nabi nuh, nabi isa, nabi musa dan nabi muhammad. Untuk nabi muhammad menjadi pilihan seri kenabian tersendiri oleh learning roots. Buku-buku ini menceritakan point-point utama secara detail setiap kisah kenabian. Bergambar besar disisi kanan dan sisi kiri text yang cukup ringkas. Setiap buku juga ada peta 25 nabi, yang jadi puzzle terkece Learning roots 😍

Buku ini memang diperuntukkan usia 7 tahun keatas, namun Yaqdzan berusia 5 tahun juga menyukai. Buat anak-anak yang sudah bisa menulis, ada lembar kerja disetiap kontennya loh. Mengukur pemahaman anak-anak, menarik banget! Ada berupa teka-teki, tebak kata disertai kunci jawabannya.

#Allah Knows How All About Me

Author: Yasmin Mussa
Ilustrations by Learning Roots
First Published: In the Unitef Kingdom, 2015
Tipe buku: boardbook
Jumlah: 24 halaman

From my fingers to my toes
From my finger
To my toes
From my knees
To my nose
Allah knows All about me

When I’m good
When I’m bad
When I’m happy
When I’m sad
Allah knows All about me

In the early morning light
In the middle of the night
Allah knows All about me

When I jump, Up and down
When i’m spinning, round and round
Allah knows All about me

Menanamkan rasa di hati balita bahwa Allah tau segalanya tentang kita, Allah peduli pada semua. Dalam keadaan senang atau bersedih Allah selalu bersama kita.

Konten yang luar biasa dan maknanya dalam banget, disuguhkan dengan simple dan unik. Dengan kualitas boardbook buku ini ditujukan untuk semua usia, termasuk bayi. Pun pengajaran tauhid itu bisa dikenalkan sejak dini dengan asik.

#The Way to Jannah

Author: Yasmin Mussa
Ilustrations by Learning Roots
First Published: In the Unitef Kingdom, 2013
Tipe buku: board book
Jumlah: 16 halaman

Kisah perjalanan Zayd dan ibu, akan keinginan Zayd untuk bisa masuk ke SurgaNya. “Ibu apa yang kita ucapkan agar bisa masuk surga?”. Masya Allah, saya haru banget 😢 Buku ini berhasil membuat hati hangat, rindu dan berharap akan surgaNya. Mengajarkan kalimat thoyyibah melalui kisah yang sederhana. Ilustrasi yang pendek, color full, disertai fitur lift the flap pun turut menstimulasi motorik halus anak.

3. Allah gave me two eyes to see

Author: Fatima M.D’Oyen
Illustrator: Steven Stratford
Publisher: The Islamic Foundation, 2002
Tipe buku: hardback
Jumlah: 21 halaman

Mengajak anak-anak untuk menengok kembali pemberian Allah, mensyukuri akan karunia dan ciptaannya melalui panca indera yang ada. Buku ini menuturkan seluruh panca indera, untuk apa panca indera ini Allah berikan. Ada banyak contoh yang disebutkan dengan bahasa sederhana.

4. Hassan and aneesa love ramadan, Hassan and aneesa celebrate eid

Author: Yasmeen Rahim
Illustrator: Omar Burgess
Publisher: Kube Publishing, 2016
Tipe buku: paper back
Jumlah: 21 halaman

Kedua buku ini menjadi andalan membantu memperkenalkan ramadhan dan idul fitri pada anak-anak tahun lalu. Tipe paperback ini sangat disukai Yaqdzan, buku yang ringan mudah dibawa kemana-mana. Bahasanya sederhana dan ilustrasinya hidup sekali. Siapa lagi kalau bukan, Omar Burgess!

5. Hurayrah The Cat The Snake Catcher

Author: Farah Morley
Illustrator: Alexandra Nyerges
Publisher: Islamic Foundation, 2014
Tipe buku: paper back
Jumlah: 24 halaman

Buku ini sangat unik karena menceritakan bagaimana Abd Al-Rahman mendapat julukan Abu Hurayrah dari sudut pandang si Hurayrah (kucing kecil dalam bahasa arab).

Tiap lembarnya diisi dengan ilustrasi yang menarik dan teks yang ringkas. Komposisi ini memudahkan kami sebagai orang tua untuk mengembangkan isi cerita dengan menggunakan ilustrasi yang ada. Anak pun jadi lebih tertarik melihat ilustrasi2 tersebut.

Biasanya Yaqdzan kurang tertarik saat dibacakan buku shirah, tapi khusus buku ini, ia hampir tidak pernah menolak untuk dibacakan. :-).

Dikemas dengan hardcover dan glossy paper untuk kontennya, jadi buku ini lebih awet dan bisa diwariskan ke adiknya :-).

6. My Mum is a Wonder

Author: Michele Messaoudi
Illustrator: Rukiah Peckham
Publisher: Islamic Foundation, 2014
Tipe buku: paper back
Jumlah: 24 halaman

Jadi teringat anak laki-laki yang dirumah, tak lama lagi mungkin akan menjadi sosok laki-laki dewasa seandainya usia ini terus bersama 😢
Buku ini tentang kisah seorang anak laki-laki yang mengagumi sosok ibunya akan jasa ibunda yang tak akan terbalas. Betapa indahnya sosok keluarga muslim yang setiap aktivitasnya mengharap ridhaNya. Diceritakan dengan sederhana dan full color.

7. Goodnight Stories from the life of Prophet Muhammad

Author: Michele Messaoudi
Illustrator: Rukiah Peckham
Publisher: Islamic Foundation, 2014
Tipe buku: paper back
Jumlah: 131 halaman

Banyaknya tokoh-tokoh fiksi jamannya sekarang, adakah rasulullah menjadi figur anak kita?

Ini salah satu buku yang harapannya jadi andalan kami saat sesi membaca buku sebelum tidur. Cerita yang penuh hikmah, ilustrasi yg disukai anak, dan gaya cerita yang mudah dicerna menjadi keunggulan buku ini.

Berisi kisah-kisah iconic selama perjalanan hidup Rasulullah Muhammad SAW, mulai dari beliau dilahirkan, menerima wahyu, hingga peristiwa hijrah ke madinah. Semua kisah dilengkapi dengan ilustrasi dengan komposisi 50:50 (50% teks, 50% ilustrasi). “Wah teksnya banyak banget”, kesan pertama kami. Namun setelah dibaca, ternyata bahasanya ringan dan Yaqdzan (5 tahun) pun akhirnya sering menagih dibacakan buku ini sebelum tidur.

Buku ini dikemas dengan hardcover dan glossy paper, sehingga lebih awet. Dengan isi 131 halaman, buku ini bagi kami cukup berat untuk dibawa travelling dan lebih cocok untuk jadi bacaan sebelum tidur.

Sekian dulu review buku kali ini, insya allah akan saya lanjutkan disesi berikutnya ya 😊
Bersebab menanamkan kecintaan membaca pada anak mengubah rasa ingin tahu menjadi pengetahuan. Semoga dari pengetahuan menjadi suatu amal ibadah yang setiap langkahnya hanya karenaNya. Budaya membaca anak di Belanda disini.

Eindhoven, Autumn 2017

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *