Cerita Yaqdzan & Faiha,  Kesehatan

Mengenal MPASI “Khas” Negeri Kincir Angin

photo_2017-12-17_19-40-07

Kunjungan kami ke consultasi biro (posyandu), kembali bertemu dengan specialist nurse yang dulu pernah homevisit saat awal kelahiran Faiha. Dan beliau masih mengingatnya kalau ketika itu kami banyak bertanya bagaimana peraturan dan budaya kesehatan di Belanda. “Aku masih menyimpan alamat blogmu” sahutnya. Apalah isi blog ini, cuma curhatan ibu2 hihi

Ketika berdiskusi soal MPASI, “budaya makan kalian dari Asia sangat berbeda dengan kami” tuturnya. Inilah penuturan awal ketika menanyakan soal Mpasi. Namun, saya ga berhenti hingga disini masih aja penasaran. Kalau soal menu bolehlah berbeda, tetapi apa sih arti makan bagi mereka, kalau udah makan selembar roti itu udah makan belum sih. Kok rasanya agak “ga terima” kenapa dulu Yaqdzan susah sekali makan, salahnya dimana, salah siapa hehe..

Jika menelaah berbagai negara soal kapan Mpasi pertama itu dimulai, berbagai negara punya kebijakan masing-masing.

1. Jerman.
German paediatrician  sepakat Mpasi pertama itu dimulai disaat usia 4 bulan. Usia 4-6 bulan diperkenalkan sayuran, kentang, daging yang dihaluskan. Usia 6 bulan diperkenalkan susu dan sereal. Usia 7 bulan diperkenalkan sereal, buah. Usia 10 bulan makanan keluarga (Research Institute on Child Nutrition).

2. UK, pengenalan Mpasi pertama itu sepakat usia 6 bulan. Dimulai dari sayuran seperti wortel, ubi jalar, kentang. Buah-buahan seperti pisang, alpukat, melon. Tidak mengkonsumsi susu sapi sebelum usia 1 tahun (Unicef, United Kingdom).

3. Rusia, Rusia Pediatrician Mpasi pertama dimulai antara usia 4-6 bulan.

4. USA, The American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasikan memulai Mpasi sebelum usia 4 bulan. Karena akan menyebabkan aspirasi, resiko obesitas & diabetes. Dan terlambat untuk memulai Mpasi (di atas 6 bulan) menyebabkan keterlambatan pertumbuhan, kurang nutrisi dan mengganggu perkembangan motorik (AAP, 2016).

5. Belanda, pengenalan Mpasi pertama disepakati dari usia 4 bulan. Tidak disarankan lebih awal. Usia 4-6 bulan belajar makan dimulai dengan buah-buahan dan sayuran (voedingcentrum.nl).

6. Indonesia, setelah 6 bulan kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi hanya Asi saja. Selain itu keterampilan makan terus berkembang dan bayi mulai memperlihatkan minat akan makanan lain selain asi/susu formula (Indonesia Pediatric Sociaty)

Disaat usia Faiha 4 bulan, kami sempat ditanya kapan akan memulai Mpasi. Tanpa tahu kalau anak-anak sini ada yang memulainya dari 4 bulan, kami sepakat akan memulainya disaat usia 6 bulan. Hal inipun mendapat support dari tenaga kesehatan. Secara umum kami mengikuti WHO, 14 hari pertama memperkenalkan menu tunggal 2x sehari dengan menu yang berbeda, total ada 28 jenis makanan (buah, sayur, karbohidrat, protein hewani, protein nabati) no gula garam tentunya, saya ulas disini. Selanjutnya menu lengkap (karbohidrat, sayur, protein hewani/nabati). Kalau pagi saya biasanya siapin Faiha makanan yang mudah dicerna dan mudah bagi bundanya. Pagi sarapan buah/sayur dan ditambah potongan roti. Siang dan malam menu lengkap dengan karbohidrat nasi, kentang, ubi, atau pasta. Prinsip ini saya praktikkan sampai kini bayi usia 11 bulan. Terkadang sih sore/siang makannya roti lagi hehe..

Jadinya pengen sharing bagaimana anak-anak disini makan, yang makanan pokok mereka tentunya roti. Memulai mpasi disaat usia 4 bulan dengan diawali pure buah 3 sendok makan per hari dan 1x hot meal. Usia 6 bulan sarapan pagi buah, siang menu roti dengan variasi saus apel, keju, ayam, daging dan malam hot meal berupa pasta/nasi dicampur sayuran dan protein serta ditambahkan margarin/minyak untuk penambah kalori. Usia 9 bulan boleh dikenalkan teh tanpa gula.

Anak-anak biasanya duduk di high chair, hal ini memudahkan untuk makan bersama keluarga. Karena kebiasaan orang Belanda moment makan bareng keluarga adalah moment tak terlupakan dan bayipun ikut menikmati suasana makan ini. Begitupun di restoran, kafe, perpustakaan pada umumnya menyediakan high chair. Dan katanya orang Belanda itu ga bisa duduk lesehan dibawah *loh 😆, mungkin itulah kenapa di setiap apartement yang disewakan dengan perabotnya, sofa dan meja makanpun selalu ada.

Kalau anak susah makan?

Yang begitu menarik dan bikin plong ketika kami bertanya bagaimana kalau anak susah makan? Karena saat itu Faiha porsi makannya menurun dari biasanya. Saya mulai khawatir dan agak “trauma” tidak mau mengulangi apa yang dialami kakaknya dulu.

“Beri anak makan dengan kasih sayang, tanpa paksaan dan anak akan punya alarm laparnya sendiri. Jika tidak mau makan pada waktunya, tunggu di jam makan berikutnya”ujarnya. Iya, tunggu di jam makan berikutnya! Disarankan untuk tidak memberi makan anak diluar jadwalnya. Seperti halnya budaya Belanda, kalau mereka hingga dewasa pun ga makan di waktu sembarangan. Mereka punya jadwal sarapan keluarga, makan siang dan makan malam pada waktunya. Coba tawarkan anak sepotong buah atau sepotong kecil roti yang bisa dipegang sendiri. Makan sepotong buah dan sepotong kecil roti itu sudah makan loh. Begitupun kekhawatiran orangtua saya soal makan Faiha, pagi-pagi kok sarapannya cuma potongan apel, brokoli/wortel aja? Kok cuma roti aja? Loh kan belum makan nasi? Hehe..

Anak vegetarian?

Ga hanya orang dewasa aja yg penganut vegetarian ya, anak-anak bahkan ibu hamil dibolehkan. Tentunya memilih jenis makanan tanpa mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Gimana nih buat bayi vegetarian? telur, tempe, tahu dan jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis atau produk vegetarian yang diberi zat besi, B1 atau B12 menjadi pilihan. Kandungan zat besi juga terdapat pada beberapa sayuran dan buah yang mengandung vitamin C membantu penyerapan makanan dengan baik.

Mpasi usia 4-8 bulan

Pengenalan rasa, iya diawal Mpasi prinsipnya mengenalkan rasa pada anak. Melatih otot-otot mulut dan mengurangi hipersensitif terhadap makanan. Menu tunggal dulu, baru kombinasi! Memperkenalkan 1 jenis makanan dalam beberapa hari, makanan yang disarankan seperti pisang, peach, pear dan melon, kembang kol, kacang polong, kacang-kacangan, brokoli, wortel. Semua diolah dan dihaluskan. Makanan kombinasi bisa dilanjutkan setelahnya seperti apel dengan peach, strawberry dengan pisang, kiwi dengan pear, wortel dengan labu, tomat dengan zucchini dan kembang kol dengan brokoli. Jumlahnya tidak ada standart baku karena setiap bayi punya kebutuhan berbeda.

Mpasi 8-12 bulan

Pengalaman kami ketika masuk bulan k-8 mencoba menyajikan makanan yang teksturnya agak kasar. So far, Faiha makannya cukup baik. Oh Iya usia 8 bulan anak boleh belajar minum pakai gelas loh, berguna untuk menstimulasi otot mulut. Finger food sudah boleh diperkenalkan ya. Penambahan kalori pada makanan juga dianjurkan berupa margarine atau minyak. Mungkin tabel berikut bisa jadi gambaran porsi makan dan  contoh menu yang saya dapatkan disini, sekali lagi kebutuhan setiap anak berbeda-beda ya 🙂

voeding

Dari tabel diatas berikut penjelasannya,

Usia 4-6bulan

Asi 4-6x sehari
Mpasi 1-2x sehari dengan porsi 3-4 sendok setiap sekali pemberian, prinsinya baru pengenalan mpasi.

Usia 7 bulan

Asi 4-6x sehari
Mpasi berupa pisang atau roti, masa peralihan dari pengenalan rasa.
Selingan dengan buah atau sayur contoh pisang atau apel 50 gram

Usia 8 bulan

Asi 4-6x sehari
1 porsi makanan utama berupa roti atau bubur.
Buah atau sayur 1 porsi sekitar 50 gram

Usia 9bulan-10 bulan

Asi 3x sehari, 2 porsi makanan utama dengan menu 1x roti dan 1x hot meal, buah atau sayur 1-2 porsi sekitar 50 gram/porsi

Usia 11-12 bulan

asi 3x sehari, 3 porsi makanan utama dengan menu 2x roti dan 1x hot meal, buah atau sayur 1-2 porsi sekitar 50 gram/porsi.

Selamat makan! karena anak dibesarkan dengan kasih sayang, pun memberinya makan dengan kasih sayang 🙂

Eindhoven, winter 2017

12 Comments

  • Dian Puspita Sari

    Disiplin banget ya di sana. Kalo di Indonesia mah banyakan anak makan sambil digendong atau bahkan lari-larian. Tapi alhamdulillah anak saya juga saya ajarkan makan sambl duduk meski bukan di high chair hehehe mihil buk. Duduknya di kasur lantai atau karpet aja.

    • hafizatulismi

      Hi..mba Dian terimakasih ya sudah mampir 🙂

      hihi gitu ya..Saya juga ibu yg tdk selalu mendudukkan anak di high chair. Biasa lesehan, suasana makan lbh enak seperti ini. Utamanya anak makan sambil duduk 🙂

      Semangat makan ya buat si kecil ^^

  • octyvz

    Halo mbak.. tulisan nya manfaat banget deh.. aku baru Tau malah di beberapa negara lain ternyata masih Ada yang menyarankan MPASI 4 bulan.. hehe. Kirain semuanya sepakat 6 bulan..

  • hafizatulismi

    Wah memang kalau anak GTM rasanya khawatir sekali ya mba, pengalaman yang sama disaat anak pertama.

    Si kecil pinter sekali makan sendiri, semoga sehat2 terus untuk mba Dan sekeluarga ❤️

  • Rinawanti Safitri

    Halo mbak, menarik sekali tulisannya. Kebetulan saya lagi blog walking dan ketemu blog ini. Sejak anak saya Mpasi, saya pernah mengalami ups and downs dalam memberikan makan anak. Sekarang anak saya usia 15 bulan, dan sudah 2 bulan ini BBnya tidak naik dan malah cenderung turun. Saya berusaha menerapkan prinsip2 pemberian MPASI tanpa paksaan bahkan hingga variasi menu.

    Dan sampai saat ini anak saya sangat sulit makan. Klo di Belanda sendiri tipsnya gimana ya mbak untuk anak yang udah diatas 1 tahun? Karena adanya isu penurunan berat badan jadinya saya makin ketar ketir sama pertumbuhannya.

    Terimakasih untuk jawabannya Mbak.

    • hafizatulismi

      Halo mba, semoga si kecil sehat selalu ya 🙂

      Di Belanda sendiri untuk anak 1 tahun keatas dari segi prinsip makan mungkin sama dengan anak 0-1 tahun. Yang berbeda hanya jenis makanan pokok semisal anak Belanda sarapan dan makan siang nya sandwich yang dilengkapi sayur, protein dll. Mungkin si kecil sudah mencobanya?

      Untuk kekhawatiran mba soal BB mgkn bisa dikonsultasikan kepada dokter ya. Maaf jika Saya tidak banyak membantu 🙂

  • Anis

    Hallo bunda, Tulisannya inspiratif n membantu bgt utk ibu newbie yg bingung mau kasih menu apa buat babynya. oia bunda mau tanya utk kepala peyangnya apa harus berobat k fisiotherapy

    • hafizatulismi

      Terimakasih ya semoga bermanfaat 🙂

      Untuk kepala peyang mgkn tergantung penyebab, kl krn gangguan medis bisa segera diterapi. Tp kl hanya krn estitika kembali pilihan msg2 mba. Kami di Belanda krn dianjurkan dokter, sifatnya anjuran ya. Pelayanannya jg gratis jd kami ikuti aja Saran dokter 🙂

  • Tika dwi

    Wah bagus blognya mba… Salam kenal ya…
    Saya penasaran, apakah menu tunggal 14 hari sbg pengenalan mpasi bayi juga siterapkan si belanda?
    Soalnya Saya baru blog walking nemu artikel yang bilang kalau menu tunggal 14 hari itu bukanlah anjuran who dan cuma org indonesia sj yg terapkan sistem tsb.

    Cmww

    • hafizatulismi

      Salam kenal juga mba tika 🙂
      Untuk menu tunggal di awal mpasi di Belanda juga dianjurkan, kemudian lanjut kombinasi. Ga saklek sih 14 Hari.

      Oh begitu ya, saya baru dengar loh soal menu tunggal 14 Hari ini. Cuma kmrn saya masih nerapin ini buat si
      kecil.

      Terimakasih sudah mampir ya, sehat2 buat si kecil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *