Eindhoven,  Travelling

Kegiatan Murah Meriah untuk Anak dan Keluarga di Eindhoven

Eindhoven adalah kota terbesar kelima di Belanda dengan jumlah penduduk 223.220 (Januari 2015). Kota ini berkembang menjadi kota industri, berawal dengan didirikannya pabrik Philips, dan terus berkembang industri lainnya. Memang Eindhoven kota yang tidak sepopuler Amsterdam atau Denhaag. Namun jika berkunjung ke Eindhoven, ada apa aja sih? Saya akan coba paparkan satu persatu. Semoga membantu teman- teman yang akan merantau membawa keluarga ke Eindhoven ataupun yang akan berkunjung kesini.

Liburan akhir pekan kami tidak selalu berkunjung keluar kota, terutama semenjak adanya perubahan peraturan kereta api yang tiket kereta antar kota cukup tinggi. Jadilah kami mencari kegiatan murah meriah keluarga di Eindhoven dan kota kecil tetangganya yang bisa dijangkau dengan bus.

1. Park yang besar di speelpark de splinter

Anak-anak paling senang diajak ke park. Spring dan summer park ini akan ramai dikunjungi anak-anak. Sedangkan autum & winter tutup. Taman bermain palang tinggi lengkap sekali, kegiatan buat toodler juga ada. Ada kolam renang juga yang biasanya digunakan pada saat summer. Park ini free dikunjungi pada hari senin- sabtu. Hari minggu dan musim liburan membayar tiket masuk 1,5 euro/ orang. Selain itu ada aktivitas seru disini, setiap hari rabu ada workshop lego loh dan sabtu workshop komputer. Piknik keluarga juga cocok sekali, membawa tikar dan bekal bakal menjadi liburan keluarga yang asik.

2. Playground philipdorp

header
source: google

Di penghujung summer lalu kami juga berkunjung kesini, park yang tidak seluas speelpark de splinter namun sangat ramai dikunjungi. Tiket masuknya hanya 1 euro/orang, bermain sepuasnya. Ada arena bermain air juga, jangan lupa membawa baju ganti bagi anak-anak. Ketika itu kami juga piknik kecil-kecilan. Di depan philips dorp ini juga terdapat bentangan alam yang indah loh, jejeran pohon-pohon dengan hutan mini di seberangnya. Bagus juga untuk menjadi pilihan spot foto-foto hehe..

3. Bermain kitten scanner di Philips museum

Figure 7
source google

Eindhoven punya beberapa museum, salah satunya philips museum. Bagi penggemar museum disini banyak pengetahuan bagaimana asal mula pabrik Philips dahulunya, lampu-lampu dan elektronik philips yang masih jadul diabadikan. Mengingatkan saya 20 tahun lalu, melihat televisi dan setrika yang jadul. Lalu Philips museum juga mengedukasi anak-anak tentang sebuah alat kesehatan, kitten scanner disebutnya. Sebuah alat miniatur scan MRI yang bisa diakses anak-anak, berupa komputer, alat scan dan hewan/manusia. Philips menghadirkan inovasi ini untuk mengurangi kecemasan pada anak di rumah sakit. Juga berbagai inovasi kesehatan lainnya bisa kita nikmati disini seperti mengecek suhu tubuh, tinggi badan, aliran darah dll. Tiket masuknya 10 euro/orang. Philips museum juga punya event mingguan bagi anak-anak.

4. Melihat berbagai desain mobil & truk di DAF museum

Berkunjung ke DAF museum kita akan melihat berbagai macam mobil disini. Bermula dari usaha 2 orang bersaudara membuat truk, kini DAF menjadi Pabrik industri yang besar di Eindhoven. Mobil tua dan classic dahulu kala diabadikan disini dan juga anak-anak diperbolehkan naik ke truknya. Museum ini tidak begitu luas, terdiri dari 2 lantai. Tiketnya dewasa 9 euro, anak 4 euro.

5. Ikut painting class di Van abbe museum

Bagi pecinta seni van abbe museum adalah pilihannya. Namun karena kami tidak mengerti seni, agak bingung juga berkunjung kesini. Saya bilang ga ada apa-apa hehe..Tetapi ada event mingguan bagi anak-anak diatas 6 tahun, painting class yang diadakan setiap hari sabtu. Tiket masuk museum dewasa 12 euro, anak dibawah 13 tahun free. Untuk ikut painting dikenakan tiket 6 euro/anak.

6. Desa kecil nan indah di Van Gogh village (nuenen)

Sebuah desa yang berlokasi sekitar 20 menit dari Eindhoven yang diakses dengan bus. Menurut saya, Nuenen kota kecil yang indah dan tenang berbeda sekali dengan Eindhoven. Kami berkunjung ke desanya, melihat kincir angin dan juga terdapat danau di sekitarnya. Berkunjunglah disaat cuaca cerah dan hangat, piknik kecil-kecilan dipinggir danau cukup seru. Ini kegiatan murah meriah menyaksikan bentangan alam di desa.

7. Berkunjung ke museum yang masuk kategori 10 museum terbaik di Belanda

Wevershuis
source google

Pre history adalah museum terbaik di Eindhoven yang merupakan masuk kedalam 10 museum terbaik di Belanda. Museum ini mengajak kita mengingat sejarah masa lampau, bagaimana dahulu petani bekerja, orang-orang romawi dahulunya. Membuat prakarya berupa panah, bagaimana pembuatan api dll. Tiket masuknya 9,5 euro/orang.

8. Sebuah Farm di Genneperhoeve

Lahan perternakan yang luas, mengenalkan anak dengan berbagai macam ciptaanNya. Disini ada peternakan sapi, domba, anak bisa mengikuti kegiatan memerah susu, membuat keju, mengambil telor. Masuknya gratis, jika akan mengikuti kegiatannya dikenakan biaya biasanya anak-anak datang per grup nanti akan diajak berkeliling.

9. Ontdekfabriek

Anak-anak bisa berpetualang, bereksperimen ikut berpartipasi bertukang dan mengelola pabrik. Seru sekali. Ini akan menjadi kegiatan mingguan kami selanjutnya.

10. Hunting mainan bekas di Feel good market

Sebuah market yang diadakan setiap Hari minggu pekan ke-3 setiap bulan, selain menjual kebutuhan harian biasanya ada yang menjual mainan bekas juga, tidak punya ide mau kemana mungkin hunting mainan bekas juga bisa menjadi kegiatan mingguan.

11. Meminjam mainan kece di speelotheek veldhoven

Perpustakaan tempat meminjam mainan, katanya variatif banget mainannya. Baik indoor ataupun outdoor lengkap sekali. Biaya peminjaman 0,5 euro/mainan selama 3 minggu.

12. Berkunjung ke zoo

Di veldhoven kita bisa berkunjung ke zoo veldhoven mengenal berbagai macam spesies burung. Di Best, juga ada zoo yang lebih beragam seperti hewan buas, reptil dan burung. Tiket masuk 10-12 euro/orang. Kedua kota ini tidak jauh dari Eindhoven, bisa diakses dengan bus.

13. Tempat bermain indoor di ballorig dan speelparadijs

Berkunjung ke tempat ini cocok sekali jika cuaca dingin dan anak-anak ingin bermain ke park.

14. Menelusuri jalan dan hutan kecil

Kami juga sering sekedar menelusuri jalan, menemukan hutan kecil duduk santai dan membawa bekal makanan. Berbekal tripod lalu hunting foto. Kegiatan paling murah dan menyenangkan bagi kami.

Oh iya bagi yang berencana berkunjung ke museum saya sarankan untuk menggunakan museum card, dengan biaya 60 euro/orang dewasa dan 30 euro/anak selama setahun. Bisa sepuasnya menikmati museum se Belanda dan museum anak disini sangat bagus sekali.

Ah ternyata masih belum semua tempat di Eindhoven dan sekitar yang kami kunjungi , Insya Allah akan menjadi agenda Keluarga di pekan berikutnya. Bagaimana saya mengatur semuanya? Kami punya waktu untuk family time 1x sepekan biasanya hari sabtu, iya hanya sekali. Saya merencanakan semuanya agar kegiatan keluarga juga bermakna entah kegiatan edukasi buat Yaqdzan atau hanya duduk di alam, sebisa mungkin keluar rumah. Untuk belanja mingguan/bulanan? Saya jarang menggunakan waktu ini untuk berbelanja, memilih untuk menyicil belanjaan saat weekdays bersama anak-anak. Sehingga kami punya kegiatan yang special diakhir pekan. Ga capek belanja sendiri? Kurang ga tuh liburnya hanya sabtu? Suami kemana aja? Hehe..iya seperti inilah kondisi kami saat ini, saya di rumah “kerja rodi” mengurus segalanya, pun suami “belajar rodi” menuntut ilmu. Tidak ada kelapangan yang luas selain berbesar hati antar sesama, saling mensupport, bersabar dan mendoakan. Apapun kondisinya saat ini, semoga hari-hari yang singkat ini banyak manfaat.

Eindhoven, 30 Maret 2018

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *