Cerita Yaqdzan & Faiha,  Eindhoven,  Hidup di Belanda

Perayaan Koningsdag (King’s Day) di Negeri Van Orange

Koningsdag warga Belanda menyebutnya, merupakan perayaan ulang tahun Raja Willem-Alexander yang diperingati setiap tanggal 27 April. Dimana sejak tahun 2014 Belanda dipimpin oleh Raja Willem Alexander dan sebelumnya dipimpin oleh Ratu Beatrix ibunya Raja Willem. Ketika masa Ratu Beatrix warga Belanda merayakan Koninginnedag (Queen’s Day).

Oranje madness dan fleamarket (vrijmarkt) adalah hal yang sangat khas ditemukan saat Queen’s Day atau King’s Day setiap tahunnya.

Vrijmarkt (free market) dimana setiap warga terbuka untuk membuka lapak menjual barang yang tidak terpakai di rumah. Pada umumnya dijual dengan harga murah karena tujuannya untuk mengosongkan barang-barang yang tidak terpakai. Barang yang dijual apa saja mulai dari pakaian, alat masak, mainan, makanan, perlengkapan bayi dll. Lokasinya banyak dimana-mana, terutama pusat kota sangatlah ramai. Ada yang pesta, dan berjualan. Di Eindhoven sendiri pusat keramaian seperti Centrum, Woensel XL, Strip-S. Juga warga sekitar rumah sewaan kami meramaikan acara ini.

Oranje Markt, sebuah market yang diadakan oleh warga tetangga rumah kami yang berpusat ditaman bermain. Lokasinya persis disebelah rumah kami. Sehari sebelum koningsdag, taman sudah dirias serba orange. Pukul 9 pagi para tetangga mulai berdatangan membawa barang dagangannya. Stand musik juga disediakan oleh mereka mungkin untuk memeriahkan acara ini. Ya seperti pasar kaget di tanah air. Kalau ingin berkontribusi buka lapak tinggal datang saja dan tidak perlu izin kok.

Free market ini juga dimeriahkan anak-anak loh. Anak-anak belajar berjualan dan mensortir barang yang tidak terpakai. Senang aja ngeliat anak- anak berkontribusi, konon katanya koningsdag juga mengajarkan anak- anak Belanda kalau untuk mendapatkan uang itu tidak mudah. Di taman rumah kami pada umumnya menjual mainan, buku dan pakaian. Harganya murah sekali, rata- rata 20 cent sampai 3 euro an.

Yaqdzan juga ikut berkontribusi, jualan mainan kardus yang sudah lama dibuat di rumah seperti kamera, laptop, marble, parkiran mobil, timbangan dll. Sekitar 10 mainan kardus tersisa 2, dijualnya juga murah. Hanya 50 cent/pcs. Murah banget? Iya kalau jasa membuatnya tidak sebanding. Tetapi ini kami buat dari 3 bulan lalu dan direncanakan untuk belajar jualan. Mainan kardus yang paling laris adalah kamera dan laptop. Dari uang yang terkumpul Yaqdzan juga keliling ke lapak tetangga, dari uang yang terkumpul, 50 centnya dibelikan mainan robot hehe..Dari sekian banyak pengunjung apa pendapat mereka soal mainan kardus? “het speelgoed is mooi“. Bagus & unik.

Selain itu warga Belanda juga keluar rumah memeriahkan koningsdag ini dengan atribut serba orange, “Oranje Madness“. Duo bocah juga serba orange 🤣 Koningsdag juga moment yang dinantikan untuk berbelanja serba murah. Kami juga berkumpul di taman dengan beberapa teman Indonesia, ada yang membuka lapak, bermain dan hunting mainan.

Eindhoven, 27 April 2018
Happy King’s Day

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *