Eindhoven,  Hidup di Belanda,  museum anak,  museum di belanda,  top 5 museum di belanda,  Travelling

Top 5 Museum Favorit Anak  di Belanda

Beberapa bulan terakhir hampir setiap 2 pekan kami menyempatkan untuk kunjungan museum. Rasanya udah banyak museum yang dikunjungi tetapi belum mencapai 20 museum dan banyak sekali museum yang bagus untuk dikunjungi baik bagi dewasa maupun anak di Belanda.

Kartu sakti Museumkaart

Ceritanya summer lalu kami memutuskan ingin mengunjungi museum-museum di Belanda, katanya museum disini bagus, edukatif, menarik terutama bagi anak- anak dan juga mahal. Rata- rata untuk berkunjung ke museum bertarif 10-15 euro/museum. Anak diatas 4 tahun juga sudah dikenakan tarif. Jadilah pilihan kami jatoh pada kartu sakti, museumkaart. Dengan memiliki museumkaart kita bebas masuk puluhan museum dalam rentang waktu 1 tahun se Belanda. Konon katanya Belanda punya 400 museum nan kreatif dan edukatif.

Untuk mendapatkan museumkaart bisa didapatkan secara online, biayanya dewasa 59,90 euro dan anak usia 4-18 tahun 32,45 euro. Lumayan juga ya, apalagi kalau dirupiahin cukup mahal. Jika ingin mengunjungi banyak museum, museumkaart adalah pilihan yang tepat. Berkunjung 5-6 museum misal dengan tarif 10 euro/museum, maka dengan memiliki museumkaart sudah balik modal. Jadi pertimbangkanlah kembali apakah menetap di Belanda/hanya kunjungan sebentar, akan mengunjungi banyak museum/tidak sehingga museumkaart ini terpakai optimal. Jangan lupa sebelum berkunjung, cek kembali apakah museum tersebut masuk kategori museumkaart atau tidak. Bisa cek disini.

Saya dan suami bukan pecinta sejarah, perfilman apalagi seni. Museum yang menjadi pilihan kami adalah museum anak. Banyak banget museum kece bagi anak, edukatif dan interaktif. Beruntung sekali rasanya kami memiliki museumkaart. Yaqdzan senang kalau diajak ke museum, kereta jam 7 pagipun dari Eindhoven tak mengapa. Pada umumnya museum baru buka jam 10 pagi, kami biasanya jam 10 sudah berada di lokasi apalagi kalau perjalanan dari Eindhoven ke kota tujuan 2-3 jam. Satu hal yang penting soal tiket kereta antarkota, semenjak ada peraturan baru dari NS kami harus menggunakan waktu dengan efektif. Dari 7 euro tarif kereta antar kota di Belanda, sekarang paling murah pakai daagkart (12,5 – 14 euro/orang). Jadilah kami memilih berangkat pagi-pagi, 1 kota bisa 2 tempat terkunjungi misalnya 2 museum dalam 1 Kota ataupun 1 museum & 1 menikmati keindahan kota, duduk santai untuk mengambil foto hehe..
Kami selalu membawa bekal, tentunya untuk mengeefektifkan waktu untuk jajan dan juga berhemat lebih baik 😀

Top 5 museum favorit kami

1. Spoorweg museum

Kereta adalah transportasi favorit di Eropa, termasuk Belanda. Belanda menceritakan sejarah panjang keretanya dengan hadirnya spoorweg museum. Melihat kilas balik kereta zaman dahulunya hingga kereta modern mewah oleh kerajaan. Mulanya spoorweg ini tempat pameran kereta saja lalu dipermanenkan dan direnovasi dengan menarik dan interaktif hingga menyedot pengunjungnya 350.000 orang/tahun.

Terletak di Utrecht, sekitar 1 jam dari Eindhoven. Kami berkunjung disaat winter break. Paling seru disaat liburan anak-anak, biasanya ada event special. Misalnya saja ice skating bisa menikmati sepuasnya, tanpa ada biaya tambahan masuk dan penyewaan sepatu. Train express, kereta mini yang dinantikan anak-anak hanya berkeliling 1 putaran. Anak-anak antri untuk menikmati event ini. Ada playground juga untuk bermain anak-anak. Ada event spesial yang dinantikan anak-anak juga, thomas weekend akan hadir tanggal 10-13 mei mendatang.

2. Science Center Nemo

Terletak di Amsterdam, museum nemo adalah pusat ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar di Belanda. Mirip dengan museum iptek di TMII. Anak- anak akan belajar berbagai macam teknologi dengan cara asik dan interaktif. Kami berkunjung disaat liburan summer, kebetulan nemo museum punya event khusus untuk memeriahkan liburan anak- anak. Ada event meluncurkan roket yang diluncurkan bersama dengan mengikuti gaya gravitasi bumi. Ini speektakuler sekali. Ada event lego juga hanya khusus disaat liburan ini. Museum nemo terdiri dari 5 lantai, menghadirkan berbagai alat peraga, pertunjukan sain, bengkel yang menstimulasi seluruh indera. Museum ini cocok bagi anak 4 keatas dan juga kami orangtua banyak belajar.

3. Prehistorisch Dorp

Terletak di Eindhoven, kami baru aja kemaren berkunjung. Pengunjung hari ke-2 setelah winter closed. Pre historic museum ini termasuk top 10 museum di Belanda. Mengantarkan kehidupan pra sejarah dan romawi kuno. Panahan, memasak, peternakan, kerajinan pra sejarah, membuat api prehistorisch menghadirkan ini. Kegiatan anak? Yaqdzan kemaren ikut membuat kalung perak, memasak partikel perak dan dicetak. Membuat kalung dari tanah liat, membuat pancake. Museum ini tidak begitu luas tapi kaya aktivitas anak. Wajar saja museum ini dinobatkan menjadi 10 museum terbaik di Belanda. Kami akan kembali berkunjung, insya Allah.

4. Kinderboeken museum

Terletak di Denhaag. Melalui literasi anak-anak belajar, berexperimen dan berimajinasi.

Berpetualang di dunia kodok yuk! . “Ik ben kikker” konon ini buku favorit yang terkenal di Belanda oleh seorang author Max Velthuijs.

Lalu dimuseum, anak2 membaca buku? Ga hanya sekedar ini. Anak2 ikut berpetualang seperti mencari harta karun, bermain Ice skating dengan bebek, membuat kue, memasang genteng, memancing dll. Memberi ruang 3 dimensi yang asik diekspor anak serupa apa yang diceritakan pada buku.

Eric Carle, the very hungry caterpillar buku ini diterbitkan 1969. Mungkin para Ibu mengenalnya. Konon katanya beliau banyak mendapat penghargaan sebagai buku yang cukup berpengaruh di dunia literasi pendidikan anak. Perjalanan seekor ulat yang kelaparan, memakan buah apel. Hingga berubah menjadi kupu2. Di museum ini anak berperan sebagai ulat masuk kedalam apel, setiap lorongnya anak akan memahami konsep berhitung. Hingga mengenal metamorfosis kupu2.

Sebuah spot juga menghadirkan phonic bagi anak-anak, ini unik sekali. Saya sangat tertarik dengan desain museum kinderboeken ini, mengantarkan anak untuk memahami suatu cerita tidak sekedar duduk tapi ikut bermain peran, berpetualang dan banyak menstimulasi motorik kasar.

5. Ninjtje museum (miffy museum)

Menjadi icon dikalangan anak2 akan kelucuan kelinci ini. Iya, Belanda menyebutnya Ninjtje (dibaca naince), kelinci kecil yang dihadirkan oleh Dick Bruna sejak puluh tahun silam. Yang sangat populer oleh anak2 Belanda. Mulai dari buku2 hingga diabadikan di sebuah museum. Kamipun mengunjungi museum ini, museum yang tidak begitu luas tapi ramai dikunjungi anak2. Khususnya anak2 dibawah 4 tahun. Aktivitasnya tidak begitu banyak dan cocok untuk batita dan para bayi.

Berkunjung ke museum sangat menyenangkan bagi anak-anak. Saya juga melihat para petugas museum selalu aktif memberi informasi dan mendampingi anak-anak dengan baik. Berharap suatu saat museum seperti ini juga hadir di tanah air.

Eindhoven, 15 April 2018

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *