Eindhoven,  Travelling

Jalan-Jalan Murah & Hemat ala Kami di Belanda

Tidak hanya turis loh yang jalan-jalan hemat saat berkunjung ke Belanda. Kami yang menetap sementara juga mengupayakan untuk jalan- jalan semurah mungkin. Alasannya membawa 2 anak dan tinggal di Eindhoven yang rata-rata lokasi tujuan wisata dicapai sekitar 1-3 jam. Jadi untuk berkunjung ke kota sebelah kami harus menyiapkan dana yang tidak murah menggunakan kereta api.

Biasanya kami bepergian disaat weekend misalnya sabtu. Berkunjung ke spoorweg museum & ninjtje museum di Utrecht dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Nemo museum di Amsterdam sekitar 2,5 jam perjalanan. Desanya Belanda yang cantik sekali, Giethoorn sekitar 3 jam an perjalanan. Keukenhof tulipnya Holland sekitar 2-3 jam perjalanan.

Transportasi umum di Belanda sudah tertata baik, pelayanan kereta dan bus aman & nyaman.

Tetapi…

Nyaman tapi mahal

Netherlands spoorweg (NS) adalah perusahaan nasional kereta api Belanda. Konon katanya setiap harinya ada sekitar 5.500 perjalanan kereta api yang mengangkut sebanyak 600.000 penumpang. Dan kami salah satu penumpang weekend hehe..

Iya tiket NS tidaklah murah, sebut saja Eindhoven – Amsterdam dikenakan biaya 19,5 euro/orang hanya sekali jalan. Sebelumnya hanya 7euro kami bisa keliling Belanda dengan grup tiket, sekarang grup tiket diperbolehkan dengan syarat berangkat dan pulang harus dalam 1 gerbong. Alternatif ini jarang bisa dimanfaatkan.

Ada alternatif lain kok. Bagi yang berencana keluar kota setiap weekend, weekend free sangat cocok. Hanya membayar 33 euro/bulan dengan durasi 1 tahun bisa bepergian sepuasnya disaat weekend. Tentunya pertimbangkan kembali apakah pilihan tiket ini efektif/tidak. Alternatif lain adalah pencari daagkart, ini promo tiket NS yang dikeluarkan oleh toko-toko seperti Albert heijn, hema, etos, kruitvart. Range harganya mulai 14 euro – 20 euro PP. Biasanya ada masa berlakunya. Kami biasanya membeli daagkart dalam jumlah banyak dan merencanakan perjalanan beberapa bulan ke depan. Ini cukup membantu sekali.

Baca juga: Bersepeda menikmati indahnya ladang tulip di Belanda

Baca juga: Top 5 Museum Favorit Anak  di Belanda

Satu hari dua tempat

Trik yang kami lakukan akhir-akhir ini, semenjak punya museum card. Di Belanda banyak museum anak yang edukatif, belum lagi tempat wisata Belanda. Mengunjungi 2 tempat yang berdekatan dalam 1 hari cara hemat kami. Sebut saja denhaag kami mengunjungi kinderboeken museum & museon. Naik kereta Uap dan kapal Friesland sorenya ke kebun tulip Hillegom. Pilihannya adalah mengunjungi 2 museum dengan jarak yang berdekatan, atau mengunjungi museum dan tempat wisata kota tersebut atau museum/tempat wisata dan explore kota hanya untuk sekedar berfoto-foto hehe..

Dari pagi pulang malam banget

Karena kami merencanakan 1 hari untuk mengexplore 2 tempat, jadi berangkat pagi dari Eindhoven musti kami lalui. Sebut saja untuk berkunjung ke museum pada umumnya buka jam 10.00 dan tutup jam 17.00. Usahakan jam 10 sudah berada di museum dan siangnya bisa mengunjungi museum lain. Untuk explore kota lebih fleksibel dan santai terutama disaat spring/summer, siangnya lebih panjang. Kami biasanya berangkat jam 7/8 dari Eindhoven tergantung jarak tempuh dan pulang jam 22.00, pernah pulang 00.30 karena kebablasan hehe..

Banyak bertanya anak-anak gimana karena betul-betul seharian. Cape ga? Tentu saja. Biasanya stok makanan saya siapkan agak lebih. Kalau ada kesempatan tidur di kereta biasanya Yaqdzan tidur dulu, kadang naik stroller dan Faiha digendong. Orangtuanya bakal tepar banget jadi siapkan energi h-1 nya 😊

Membawa bekal

Boleh dikatakan kami jarang sekali jajan kalau bepergian. Karena apa? Selain menghemat budget, juga hemat waktu. Jadi membawa bekal untuk makan siang/malam beserta cemilan ini selalu saya siapkan. Membeli makanan ringan di stasiun misalnya harganya juga lebih mahal dibandingkan supermarket diluar. Lebih baik membeli di supermarket dekat rumah dahulu.

Grup tiket bareng teman

Berangkat dan pulang dengan satu gerbong max 7 orang dan hanya membayar tiket sekitar 10 euro PP. Ini adalah tips paling hemat sebetulnya. Memang tidak fleksibel dan kemana-mana harus bareng. Untuk mengunjungi tempat wisata di Belanda yang jarak tempuh cukup jauh dan ingin bepergian bersama, grup tiket adalah pilihan yang tepat.

OV personal untuk bus khusus Noordbrabant

OV personal ini adalah kartu bus di Belanda yang biasanya digunakan dalam kota. OV personal kami paling murah jika digunakan khusus di Noordbrabant. Sebut saja 4 halte dari stasiun ke rumah kami dengan menggunakan Ov personal dikenakan tarif 0,76 euro. Jika menggunakan Ov chip card non personal bertarif sekitar 1,3 euro. Jika tidak punya OV keduanya dikenakan tiket 4 euro.

Dokumentasi lengkap

Ini adalah seperangkat lengkap yang selalu kami persiapkan. Dokumentasikan dengan lengkap karena belum tentu berkunjung kembali. Seperti kamera, tripod, gimbal, alat charger2 dll. Untuk spot wisata biasanya males untuk berkunjung berkali-kali.

Jadi apa tempat wisata/ museum di Belanda yang bagus untuk dikunjungi? Ada kekeunhof kebun tulip holland yang terhits, desa nelayan Giethoorn, Holland rasa Japan di Japanseparkamstelveen, foto ala Belanda dan hunting oleh-oleh murah di Volendam, miniatur kota Belanda di Madurodam, Rotterdam zoo, Kasteel de haar saat spring cantik sekali, kincir angin Kinderdijk/Zaanse schans, Texel, Dreilandenpunt titik temu 3 negara (Belanda, Jerman, Belgia), Explore Amsterdam (vondelpark, Museum Van Gogh, Rijksmuseum, Royal Palace of Amsterdam, Anne Frank House). Spoorweg museum, stoomtram museum, kinderboeken museum, ninjtje museum, prehistorisch museum, archeon museum, nemo museum dll..

Bagaimana pengalamanmu? Jangan takut bepergian membawa bayi, terus mencoba dan rencanakan perjalanan sebaik mungkin.