Cerita Yaqdzan & Faiha,  Hidup di Belanda,  Sekolah Anak

Faiha ikut sekolah speelinloop di Belanda

Saya termasuk orang yang penasaran sama sesuatu yang baru, salah satunya adalah ketika Belanda dinobatkan oleh Unicef sebagai Dutch children the happiest in the world. Bagaimana anak-anak Belanda dididik dan dibesarkan. Apa sih point plusnya, walau mendapat penghargaan dari Unicef tentu ada minusnya juga. Lalu bertanya-tanya apa yang bisa kami ambil teladannya dari budaya mereka, cocok ga sih dengan visi misi keluarga kami.

Dan sekitar 1 bulan lalu saat kunjungan posyandu kami mengutarakan bahwa ingin “menyekolahkan” Faiha (15 bulan). Loh masih bayi kok disekolahin? Hehe..tenang :). Jadi di Belanda ada beberapa tingkatan sekolah.

1. Speelinloop diperuntukkan bagi anak 1,5 tahun – 2,3 tahun. Ada juga institusi yang memperbolehkan jika anak sudah bisa berjalan sendiri. Dan sebagian memperbolehkan usia 0-2,3 tahun.

2. Peuterspeelzaal semacam pre school usianya 2,3 tahun – 4 tahun. Menjelang masuk SD.

3. Basisschool levelnya seperti sekolah dasar tetapi dari segi kurikulum adalah gabungan TK & SD di Indonesia dimulai dari usia 4 tahun (grup 1-8).

Biasanya ketika anak-anak akan sekolah, orangtua bisa berkonsultasi dengan pihak posyandu. Nanti akan mendapat saran sekolah yang bagaimana cocok bagi anak. Karena posyandu peran utamanya memantau tumbuh kembang anak 0-4 tahun. Ketika kami mengutarakan ingin menyekolahkan Faiha, posyandu menyarankan untuk memulai diusia 1,5 tahun. Lalu saya mencari informasi beberapa institusi dan bertanya-tanya kalau ada yang bilang boleh kok ikut nimbrung aja.
Akhirnya saya dapat informasi kalau speelinloop yang berada di Tarieq Ibnoe Ziyad (sekolah Yaqdzan) terbuka bagi anak 0- 2,3 tahun.

Baca juga Mencari Sekolah Yaqdzan Di Belanda

Saya ingin menyekolahkan Faiha bukan dalam rangka ingin “menghebatkan”, bundanya kerajinan nyekolahin anak, bukan. Utamanya saya penasaran aja dengan sistem sekolah ini hehe..karena dengan bertambahnya anak sekolah, kerempongan saya juga bertambah, pagi hari semakin ricuh. Jadi ya barangkali nanti ada yang bisa saya terapkan di tanah air.

Speelinloop apa sih?

Speel dalam artian kata bermain, loop iyalah berjalan. Mungkin sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak yang baru jalan, bertemu teman-teman bersosialisasi dan bermain. Speelinloop ini dikelola oleh institusi tertentu seperti Korein Kinderplein, Dikki & Dik. Pada umumnya lokasi bergabung dengan sekolah. Seperti speelinloop Faiha dari institusi Korein Kinderplein lokasinya di basisschool Tarieq Ibnoe Ziyad. Tujuannya untuk membantu adaptasi anak-anak sebelum masuk peuterspeelzaal (mulai usia 2,3 tahun) karena disaat mulai peuterspeelzaal anak-anak tidak lagi ditemani orangtua, full bersama guru. Jika merencanakan speelinloop dan peuterspeelzal yang sama sepertinya lebih baik, memudahkan anak-anak beradaptasi karena masih dengan guru dan kelas yang sama.

Belum bisa jalan, boleh sekolah kok

Sekolah bermain ini dikhususkan bagi anak-anak sebelum berusia 2,3 tahun. Di Tarieq sendiri mulai dari 0 bulan. Datang ke sekolah full ditemani orangtua. Sekolahnya hanya 1x seminggu dengan durasi sekitar 1,5 jam. Biasanya setiap speelinloop punya jadwal yang berbeda. Sebut saja speelinloop Faiha jadwalnya setiap hari jumat pukul 8.30-10.00. Sekolah lain ada yang hari rabu, kamis. Jumlah muridnya juga berbeda-beda, di sekolah Faiha sekitar 4-6 orang. Kalau menginginkan ikut lebih dari 1 speelinloop juga dibolehkan ­čÖé

Mau ikut sekolah, daftarnya kemana?

Sebetulnya speelinloop ini aturannya simple sekali. Karena anak-anak datang untuk bermain saja. Disekitar rumah kami ada beberapa speelinloop, biasanya posyandu menyarankan yang terdekat untuk memudahkan orangtua dan anak. Untuk kehadiran juga tidak dipermasalahkan, jika berhalangan hadir tidak mendapat konsekuensi apa-apa. Orangtua bersama anak langsung datang ke sekolah dan mengisi form pendaftaran. Sekolahnya tidak dikenakan biaya, free!

Jumat rempong 2 anak sekolah

Tidak mudah loh anak-anak dibawah 2 tahun pagi-pagi harus diboyong ke sekolah. Pukul 8.30 sudah di sekolah. Faiha alhamdulillah sudah terbiasa ikut ke sekolah karena jam 8 kadang ikut mengantar masnya. Bedanya sekarang setelah masuk kelas mas, pindah kelas depannya. Karena menyiapkan 2 anak saya juga tidak begitu perfect, sebisanya. Faiha mandinya kemaren malam, jadi pagi ga repot lg mandiin. Kalau ga buru-buru ikut mandi. Seperti pada umumnya anak Belanda, mereka mandi pulang sekolah loh setelah kotor-kotoran hehe..

Sarapan yang paling repot rasanya, ga mungkin saya harus menyuapkan Faiha dahulu. Jadi sambil berangkat sekolah Faiha sarapan roti dipegang sendiri distroller. Kalau ada waktu disuapkan buah potong.

Baca juga Bagaimana Budaya Sekolah di Belanda?

Anak-anak ngapain aja?

Kami datang ke sekolah kebetulan sepi sekali. Katanya selama ramadhan ibu-ibu libur mengantarkan anaknya sekolah, mungkin karena puasa hehe..Jadi Faiha private deh sama gurunya ­čśÇ Gurunya mengambil box mainan seperti balok-balok, matching bentuk dan aktivitas menyusun. Sambil mengobrol dan mengajak Faiha bermain juff Maria (gurunya) berkenalan dengan Faiha. Faiha malu-malu gitu ga mau kalau dideketin juffnya. Lalu Faiha diajak ke ruangan dapur anak-anak agar lebih banyak mengexplore. Biasanya ada sesi fruit time juga dari sekolah. Dan orangtua ditawarkan minum kopi/teh. Terakhir adalah sesi opruimen, membereskan mainan kembali. Ini point penting anak-anak speelinloop, anak-anak diajarkan untuk bertanggungjawab dan melatih kemandirian. Meskipun anak-anak belum mampu membereskan mainan sendiri, mengajak anak-anak untuk kerapikan mainannya bisa dicoba.

Baca juga: Mencari Sekolah Yaqdzan Di Belanda

Kelasnya asik

Kalau di Tarieq sendiri senin-kamis kelas dipakai oleh anak-anak peuterspeelzaal dan jumat untuk speelinloop. Jadi kelas yang sama dan fasilitas yang sama dipakai bersama. Suasana kelasnya sangat asik bagi anak-anak. Ada pojok buku, puzzle, ruangan dapur untuk masak-masakan, pretend play main boneka, mainan kayu dan outdoor biasanya anak-anak bermain sepeda.

Speelinloop bukanlah sekolah wajib, kalau bisa hadir menurut saya bagus untuk mengenalkan anak-anak pada lingkungan luar. Disesuaikan kembali dengan usia dan kondisi anak. Bagi yang ingin melihat bagaimana suasana sekolah Faiha silakan mampir di YouTube disini­čÖé

Tot Ziens!

Eindhoven, Mei 2018

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *