Eindhoven

Tips Belanja Barang Sale di Belanda

Minggu lalu saya bolos update blog, lagi repot ga jelas, mau nulis feelnya ga dapat, ide sih banyak. Bertanya pada suami “minggu ini mau nulis apa ya?” Hal ini udah biasa banget didengar suami saat saya stagnan ngeblog. Jadilah postingan kali ini tulisan ringan, pengalaman saya di Belanda atas ide suami saya jadikan tema minggu ini, seputar tips belanja murah. Di Indonesia mungkin yang familiar diskonan itu Matahari Department Store ya, stiker salenya terpampang besar lalu berbondong-bondong kami mencari barang murah. Lalu bagaimana suasana sale di Belanda?

Secara umum barang-barang di Eropa (khususnya Belanda) mahal, apalagi kalau dikonversi rupiah. Waktu awal kedatangan kami di Belanda butuh jaket winter, masuk ke pertokoan harganya 50 euro keatas. Jaket anak-anak minimal 30 euro. Cukup mahal bagi kami. Belum lagi kebutuhan lainnya. Kalau belanjanya disaat harga normal rasanya bikin jebol banyak. Atau ga jadi belanja aja.

Saya mau sharing soal berburu barang sale kebutuhan sandang khususnya, untuk kebutuhan harian saya nuliskan di sini. Jadi kebutuhan apa aja nih? Pakaian, peralatan dapur, kebutuhan anak, sepatu, tas, kosmetik dll.

1. Berburu disaat yang tepat!

Sekitar bulan akhir juni- juli – agustus pada umumnya di Eropa dimana-mana lagi summer sale. Memang ketika puncaknya tiket mahal bagi yang ingin liburan ke Eropa. Namun disaat inilah waktu yang tepat untuk berbelanja menurut saya. Barang-barangnya pada umumnya kebutuhan summer seperti pakaian yang tipis, jaket yang tipis, segala kebutuhan untuk para bule berjemur ke pantai, seperangkat bermain air anak dan juga berenang. Diskonnya beraneka ragam, seperti h&m/zara diawal season summer sale sale up to 50%. Sebagian toko seperti fossil, adidas, nike memberikan sale up to 40%. Silakan pertimbangkan akan berbelanja kapan. Diawal sale tentu stok barang masih banyak, jika urgent waktu yang tepat untuk berbelanja. Bagi yang ga mencari barang yang spesifik bersabar sedikit menunggu potongan harga lebih besar adalah pilihan yang tepat. Sebut saja h&m disaat tertentu memberikan potongan harga extra diskon 50% (dari sale 50%), biasanya waktunya hanya 3-4 hari dan stoknya terbatas.

Winter sale, konon katanya orang di Eropa berbelanja keperluan winter 1 tahun sebelumnya. Di bulan januari/Februari biasanya toko-toko mulai mengobral barang musim dingin, dipenghujung season menjelang spring/summer datang. Misal membeli jaket winter anak dipenghujung winter yang akan dipakai winter tahun depan. Kita juga akan menemukan aneka boot yang akan diobral di bulan januari/februari ini. Sekali lagi kalau menemukan barang yang cocok, jangan menunggu bulan depan untuk tambahan potongan harga bisa jadi barangnya habis hehe..

2. Rajinlah mengecek website dan safari toko

Dua tips yang saling mensupport untuk berbelanja hemat hehe..Pada umumnya pertokoan punya website yang selalu update. Kapan jam buka/tutup toko, barang apa yang diskon kita bisa mengecek semuanya via website. Dan jangan lupa subscribe toko yang jadi incaran, pihak toko akan memberi info diskonan via email. Cukup membantu bagi yang kerepotan ke toko bahkan berbelanja onlinepun jadi. Namun tak ada salahnya kalau ingin lihat-lihat ke toko. Sepengalaman saya ada perbedaan item barang dan harga antara toko & website. Misalnya harga dress Faiha di toko 6 euro, di website 9 euro. Ya beda dikit sih, tapi emak-emak seperti saya cukup tinggi perhitungannya :p

Jadi kapan waktu yang tepat untuk safari toko? Hehe..kapan aja boleh. Kalau di Eindhoven saya paling enak itu hari jumat karena pertokoan tutup jam 9 malam. Dihari lain biasanya jam 6 sore. Bagi Pertokoan yang mengadakan extra korting/ sale barang tertentu edisi weekend, biasanya sudah dimulai dari hari jumat. Misalnya saja blokker, untuk berburu panci/pisau saya sering dapatkan saat alarm sale weekend.

3. Saling update sesama teman

Ah ini penting banget, entah info tiket kereta diskonan, panci diskonan, tiket main ke park diskonan, sabun mandi diskonan. Saya banyak mendapat info dari teman-teman disini, saling memberi informasi. Teman saya ada yang selalu berbaik hati berbagi info, beliau update banget mau soal diskon baju anak, percoklatan, vakum cleaner, pembersih kompor dll saya pasti sering neror beliau (thanks ibu Ganend 😘).

Kalau butuh barang tertentu diluar summer sale/winter sale jadi gimana? Rajin-rajinlah berkunjung ke toko. Kadang ada spot sale sisa barang lama gitu, cek satu persatu barangkali berjodoh dengan barang yang dicari. Lalu cek website toko terkadang ada khusus diskonan juga. Jadi tetap bisa membeli dengan harga lebih murah. Saya biasanya kepepet sama sepatu anak/jaket bisa cek website/toko h&m, c&a dan Zara.

Selain itu saya biasanya juga membandingkan kualitas barang. Sebetulnya ada toko murah meriah, namanya Primark. Harganya cukup terjangkau tetapi soal pakaian kualitasnya ga semua oke menurut saya. Jadi saya lebih memilih menunggu diskonan harga setara primark bahkan dibawah dengan kualitas oke. Paling favorit itu belanja kebutuhan pakaian di h&m terutama anak-anak. Kalau sedang sale besar-besaran harganya dibawah primark loh. Tapi ya butuh kesabaran extra menunggu diskonan & tenaga extra untuk safari 😂

Baca juga Mencari Rumah Keluarga di Belanda

Tak jarang juga saya safari toko seharian tapi ga beli apa-apa. Kadang hanya dapat barang sebiji, ” mba kamu seharian dicentrum cuma dapat rok faiha doang?” Seloroh teman saya. “Iya mbae anjlok banget dari 13 euro jadi 3 euro” 😀 Tak jarang juga kami ibu rempong sedang memilih barang di toko sambil cek website untuk membandingkan harga. Lalu memilih online karena lebih murah. Tak jarang juga anak-anak sudah heboh di toko, udah kaya taman bermain, setrong keluar masuk toko ikut bundanya. Memilih untuk tidak naik bus, jalan santai demi hemat ongkos juga salah satu yang saya lakukan ( thanks ammi Bai yang jadi partner nyentrum 😘)

Apalagi bagi yang akan back for good seperti kami, mencari oleh-oleh dan beberapa kebutuhan yang akan diboyong ke tanah air berburu barang sale adalah tips berbelanja hemat. Oh iya di Belanda ada pusat pertokoan barang-barang branded yaitu Designer Outlet Roermond, sekitar 30 menit dari Eindhoven naik kereta. Ini juga menjadi tempat berbelanja hemat disaat sale. Konon katanya ini adalah salah satu outlet terbesar di Eropa lebih dari 200 merek perancang berjejer disini seperti Coach, Michael kors, Tefal, Kipling, Gucci, Geox, Prada, Hugo boss, Adidas, New balance, Furla dll yang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga Jakarta.

Walau harga lebih murah namun untuk berkunjung ke Roermond tidak bisa sesuka hati. Lagi-lagi menunggu sale besar-besaran, disaat summer sale. Late night shopping weekend up to 80% mungkin ini yang ramai dipadati pengunjung. Bahkan mendengar cerita dari teman, para pemburu diskonan sudah antri didepan toko sejak jam 6 pagi & toko baru buka jam 9 🤣. Bule-bule disini juga sigap banget sama diskonan hehe..

Namun dibalik banyaknya barang diskonan, jangan lupa kembali mengkalkulasi antara kebutuhan & keinginan. Belanja ga sekedar ikut-ikutan, selektif memilih barang, pandai- pandai mengkondisikan hati. Kalau yang dibeli akan berfaedah luas dan mensukseskan alur keuangan keluarga. Sekian dulu cerita saya serba serbi berbelanja, bagaimana pengalamanmu? 🙂

*Foto berikut kolase suasana sale (Zara, h&m, fossil, primark, tefal, aneka sepatu Adidas puma Nike)

Eindhoven, Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *