Serba serbi menulis

Selamat Hari Blogger Nasional 2018

Saya baru tau loh, kalau ada Hari Blogger Nasional. Dari mana? Dari teman-teman blogger 1 minggu 1 cerita. Kalau bukan dari komunitas blogging tentu saya tidak tau.

Sejarahnya Hari blogger Nasional ini ditetapkan oleh Menkominfo Muhammad Nuh pada tahun 2007. Dan saya baru mulai ngeblog akhir tahun 2015. Sebelumnya ga pernah menulis, pun menulis diari apalagi blog. Berniat ngeblog hanya sekedar memotret kegiatan bermain si kecil. Goresan sederhana yang semoga akan jadi kenangan kelak. Hampir setiap hari saya ngeblog, ya topiknya sama seputar DIY bermain anak. Ini awal mulanya. Lama-lama kok bosan, berasa ga ada tantangan, mulai googling nyari referensi gitu. Akhir 2016 kami hijrah ke Belanda, ide ngeblog mulai bervariasi. Saya tekadkan untuk menulis lebih konsisten lagi. Kalau dilihat archives bulanan tahun 2016/2017 blog terisi dari 1-5 postingan/bulan. Awal 2016 malah ada bulan yang lost aja.

Baca juga Membangun Rasa dengan Baca dan Menulis Bersama Komunitas.

Bertekad rutin ngeblog

Dari punya tekad sendiri hingga ketemu komunitas. Awal tahun 2018 saya bergabung dengan salah satu komunitas blogger, 1 minggu 1 cerita. Memang sih saya belum punya prestasi apa-apa dalam dunia blogging, untuk menulis setiap haripun saya belum mampu. Untuk konsisten 1 postingan tiap minggupun saya udah bersyukur banget. Yuk ikutan komunitas blogger, 1 minggu 1 cerita.

sumber google

Kenapa saya ngeblog:

Potret kehidupan

Minimal dengan ngeblog saya bisa mengabadikan setiap moment yang berharga keluarga kami. Kalau suatu saat kangen, punya kenangan. Kalau anak-anak besar kelak, mereka bisa baca. Ini awal mula yang mendorong kenapa saya ngeblog.

Terapi diri

Pernah ga sih ngalamin, kok rasanya bosan, jenuh, malas ngapain-ngapain. Kalau udah berhasil blog post dan edit-edit foto rasanya lega banget, bahagia. Semacam terapi diri bagi saya, ada kebahagiaan dengan ngeblog.

Bikin aware sama lingkungan

Salah satu mencari ide dalam menulis yang diajarkan oleh seorang coach kelas menulis (Jari Peniti) dulu, awarelah sama lingkungan. Peka keadaan, peka rasa dan peka pikiran. Iya, dari kepekaan menjadi penasaran dan bertambah ilmu. Jadi ngeblog bikin belajar dan belajar lagi.

Belajar konsisten

Memulai itu sulit dan konsisten lebih sulit. Dari ngeblog saya belajar gimana manage waktu, belajar komitmen. Terus menulis sesulit apapun kondisi saat itu.

Inspirasi

Jangan pernah meremehkan pengalaman sekecil apapun. Kadang sesuatu hal yang menurut kita remeh ternyata besar manfaatnya bagi orang lain. Saya sering banget ngalamin ini. Begitu tulisan remeh malah banyak manfaatnya bagi orang lain. Senang sekali loh.

Inilah sepenggal cerita saya seputar ngeblog. Selamat hari blogger Nasional buat para bloggers! Terus menulis memberi inspirasi bagi dunia blogging tanah air.

Pasang, Oktober 2018

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *