Our story

Totalitas & Penghambaan

Rendang, sambal botol, kecap, kering tempe memenuhi koper hijau yang bertengger di kamar. Aku sibuk mempersiapkan keberangkatan suami. Ada kebahagiaan yang menyertai, merajut asa merengkuh cita. Namun kesedihan juga hadir seketika, aku dan sulungku akan menjalani hari-hari berdua melewati penghujung trimester pertama kehamilan.

Agustus 2016

Pagi itu bandara Soekarno Hatta sebagai saksi bagi kami sekeluarga. Aku melepas suami dengan berat dan kesedihan yang terpendam. Entah kapan kami berkumpul kembali. “Tak ada keberhasilan tanpa perjuangan” aku menghibur hatiku.

Suamiku tak henti mengecek beberapa website rumah. Mengunjungi agen dan bertanya pada teman. Memang mencari rumah sewaan keluarga di negeri tulip tidaklah mudah. Seperti mencari jodoh begitu guyonan orang-orang. Benar saja, tidak sembarangan pemilik rumah menerima penyewa. Apalagi penyewa yang sudah berkelurga dan punya anak. Luas rumah, jumlah kamar, jumlah salary, dan status mahasiswa/karyawan mempengaruhi semuanya.

Kami hanya pasrah dan berikhtiar semampunya. Negeri antah berantah yang kami tidak mengenalnya. Hanya berharap diberikan tempat terbaik.

Dekat dengan kampus, pertokoan halal, mesjid terjangkau dan kami mampu membayarnya. Hanya inilah doa-doa yang menyapa langit saat itu. “Bunda berdoa terus ya, kalau ada 100 pencari rumah memperebutkan 1 rumah semoga 1nya adalah kita” ujar suamiku.

Rinduku semakin pekat. Menanti kabar dari sang ayah adalah yang paling dinantikan sulungku. “a.y.a.h” sulungku mengeja kata dan mengirim pesan singkat. “Kapan bunda ketemu ayah” rengek sulungku.

Selang 1 bulan kabar gembira datang dari benua biru.
“Alhamdulillah bulan depan kita bisa berkumpul kembali” sang ayah mengabarkan. “Yaqdzan akan sekolah di sekolah Islam” lanjutnya. Masya Allah! Aku terharu seketika. Banyak jalan kemudahan pada puncak kepasrahan. Penghambaan, totalitas, cinta, dan ketundukan. Hanya Dia yang tak pernah henti mengucurkan nikmat.

Jakarta, 4 Januari 2019
#day25 #squad1 #30dwcjilid16 #storytelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *