Buku Anak

Review Buku Anak The Human Body (A Shine A Light Book)

Sudah lama sekali ingin mereview buku ini dan kebetulan sekali tema #1minggu1cerita pekan ini adalah buku. Alhamdulillah bisa terlaksana juga. Apa kabar mom? Seletih dan sesibuk apapun kita, semoga terus semangat untuk mengantarkan si kecil untuk mencintai buku sebagai jendela dunia ya 🙂

Saya termasuk ibu yang kalap melihat buku yang bertema human body. Entah kenapa. Ketika melihat buku keluaran usborne question & answer about your body langsung masuk ke dalam list buku anak-anak. Begitu pula ketika ada buku bertemakan serupa dengan diksi dan desain berbeda di book fair saya ga mikir panjang, langsung masuk keranjang. Mungkin karena saya sulit memahami mata kuliah anatomi tubuh dahulunya, maka rasanya memperkenalkan tubuh kepada anak-anak dengan cara menyenangkan itu jauh lebih mudah dan menarik.

Pentingnya Anak-Anak Mengenal Tubuhnya

“Bunda jadi air yang kita minum masuknya kemana?” tanya si sulung ketika itu berusia 4 tahun.

Memperkenalkan organ tubuh tidak melulu anak harus mampu menghafal bagian organnya, saraf-saraf dan nama aneka tulang yang menopang tubuh. Tidak, jauh dari itu.

Setidaknya anak paham apa yang ada di dalam tubuhnya. Dan yang begitu menariknya, anak-anak takjub dan aware loh dengan siklus tubuh yang dialaminya . Dari awal mula mengenal anggota tubuh, perlahan timbul pertanyaan yang lebih kompleks. Maka melalui buku-buku sederhana dan desain yang menarik saya memilih buku ini untuk membantu pemahaman anak-anak.

Tidak sekedar ini, harapan saya dari melihat dan memahami bagaimana kompleknya tubuh diciptakan, maka akan menambah keimanan anak-anak pada RabbNya.

Sebetulnya buku ini sudah lama masuk ke dalam list buku anak-anak. Dulu saya sering mencari di amazon Jerman, the book depositary dan website UK. Qadarullah belum kesampaian dan udah keburu pulang ke tanah air.

Ramadhan lalu teman yang dulu pernah di Jerman, menawarkan buku ini the human body, Alhamdulillah saya senang sekali. Melengkapi buku-buku yang bertema human body di rumah.

Judul Buku: The Human Body (a Shine a Light Book)
Penulis: Carton Brown & Rachael Saunders
Penerbit: Ivy Kids, UK
Jumlah halaman: 36 halaman
Cetakan/Tahun Terbit: 2016

Apa yang membuat saya jatuh cinta pada buku ini? Karena desain a shine a light-nya. Iya ini yang paling saya suka. Organ tubuh adalah sesuatu yang tidak nampak dari luar, namun dengan desain buku ini anak bisa membayangkan dan seolah betul-betul melihat nyata.

Bukunya sederhana, dan mudah dipahami. Bagi anak-anak yang belum mengerti bahasa Inggris maka dengan pendampingan orangtua, penyampaiannya sederhana sekali.

Kontennya lengkap. Anak-anak bisa melihat bagaimana posisi bayi dalam perut ibu secara anatomi. Bagaimana bentuk kerangka tubuh dan tulang, dijelaskan fungsinya untuk apa. Ada penjelasan mengenai otot, gigi, sistem pencernaan, pembuluh darah, otak, mulut,dll.

Desainnya lucu dan gemas. Kok kepikiran ya mendesain buku interaktif seperti ini. Gimana sih caranya? Ilustrasinya susah ga sih? Kok kreatif banget? Saya sampai sekarang masih takjub membolak-balik buku ini 🤣 Semoga rezeki sebagai author buku anak-anak bisa saya lakoni suatu hari nanti. Amal jariyah banget, iya ga sih? Aamiin ya Rabb.


Jadi desain bukunya di kiri itu berupa kertas hitam dan kanan full color. Yang kertas hitam itu adalah bagian dalam dari gambar di belakangnya.

Nah jadi gimana nih cara menggunakannya? Carilah ruangan yang gelap dan siapkan sebuah sumber cahaya seperti senter. Arahkanlah cahaya senter pada halaman yang full color, maka akan terlihat bagian dalamnya. Asik banget kan!

Bagi saya buku ini memberikan pemahaman yang lebih jelas bagi anak-anak. Membuat anak betah dan seru. Buku bertema serupa ada lift the flap usborne, juga menambah wawasan dengan desain yang menarik.

Kekurangannya, kualitas kertas seperti HVS, tekstur kasar (tidak licin) penggunaannya harus hati-hati terutama bagi anak dibawah 3 tahun perlu mendampingan agar tidak merobek. Buku ini memang diperuntukkan untuk usia 5 tahun ke atas. Harga tidak murah karena didesain unik.

Oh iya bagi yang tertarik dengan buku ini ada kok di market place, silakan cek ya.

Terakhir, besar harapan saya akan hadir-hadirnya buku berbahasa Indonesia yang menarik, interaktif seperti ini sehingga memudahkan anak untuk memahaminya. Kalau belajar itu menyenangkan kok, ga bikin bosan, dan bikin nagih.

Salam literasi para ibu hebat semua 🙂

Jakarta, September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *