Uncategorized

Semarak Ramadhan dari Rumah di Tengah Covid 19


Kemaren saya baru aja intip blog 2017, mau ngapain? Karena sempat mengabadikan kegiatan anak dari rumah saat di Eindhoven. Sekarang jadi inspirasi dan pembelajaran kami. Maka ramadhan tahun ini saya ingin mengabadikan kembali.

Kalau bukan karena kondisi pandemi sekarang mungkin kami sekeluarga tidak perlu effort lebih untuk menghidupkan ramadhan. Karena masjid-masjid, kajian dan itikaf adalah sarana belajar anak-anak yang paling nyata. Qadarullah, ramadhan ini sangat berbeda.

Semua aktivitas akan bertumpu dari rumah, ayah yang bekerja, sekolah, ibadah bahkan pendidikan anak semuanya kembali ke rumah. Jadi kami ingin menyambut ramadhan dengan lebih istimewa ala keluarga.

Saya yang paling aktif menyiapkan dan mendesain kegiatan anak selama bulan Ramadhan. Kegiatannya tidak berbeda jauh dengan aktivitas sebelum ramadhan namun yang berbeda adalah ketika Yaqdzan berniat akan shaum full layaknya orang dewasa. Maka, tugas saya hanya mendampingi, mensupport dan menanam bibit imannya.

Kesibukan saya menjelang ramadhan adalah menyiapkan kegiatan anak dan menghias rumah agar ramadhan ruhnya tetap hidup bagi anak-anak. Saya dan suami mulai menyiapkan bahan untuk keperluan semuanya. Alhamdulillah dipenghujung sya’ban sesuatu yang tidak saya pikirkan hadir tanpa diminta yang menjadi alat utama pembelajaran dan bermain anak-anak di rumah. Yaitu printer, mungkin bagi sebagian keluarga bukan suatu kebutuhan atau biasa aja tapi bagi saya dan anak-anak adalah suatu kebutuhan dan kesyukuran. Terimakasih bapak kepala sekolah yang udah fasilitasi #sekolahdibumi 😀

Saya juga berterimakasih kepada semuanya yang karyanya melalui printable/workbook yang dibagikan secara gratis untuk ajang kegiatan anak-anak di rumah. Iya, selama pandemi ini aneka printable sangat banyak menjamur dimana-mana. Saya juga ikut aktif menyimpan dan membagikan.

Jadi gimana persiapan ramadhan ala kami?

1. Membuat garland Ramadhan

Tahun ini ingin membuat suasana agak berbeda walaupun konsepnya mudah. Membuat garland Ramadhan kemudian dipadukan dengan lampu rantai LED.


Semuanya bisa didapat dari printable, digantung lalu dikasih lampu. Namun kemaren entah kenapa saya mencari keribetan sendiri hahaha..Saya pakai printable huruf yag diakses dari www.ayeina.com lalu ditempel di kertas asturo yang digunting segitiga.

Alat yang dibutuhkan:
1. Kertas asturo 2 pcs = 7.000
2. Printable
3. Tali goni segulung (kepake sedikit aja) =15.000
4. Lampu tirai LED = 40.000

Kalau teman-teman ingin lebih simple bisa menggunakan printable yang full color udah bagus banget dan ditambahin lampu.

Garland Ramadhan ini betul-betul project keluarga, full tim bekerja keras menyelesaikannya.

Tadaa..anak-anak pertama kali melihat lampu seperti ini dan mereka tampak antusias dan amazing sekali. Masya Allah hasil kerja tim langsung terbayar sudah rasanya.

2. Mini Mosque Calendar

Banyak yang nanyain, buat apa sih? Ini bukan hiasan tetapi kalendar good deed anak-anak yang selalu saya hadirkan setiap ramadhan. Tahun lalu desainnya seperti amplop. Tahun ini saya memilih ini biar berbeda. Project ini adalah project bunda dan Yaqdzan. Project seminim-minim biaya tapi memang perlu effort membuatnya.


Jadi setiap mini bagnya kami membuat 1 good deed anak-anak yang sudah disepakati bersama. Buat Yaqdzan ada kegiatan membuat lapbook, coding, membantu orangtua, membaca buku, menonton kajian bareng dll. Sedangkan adik yang berusia 3 tahun, mengerjakan printable dan hal-hal kemandirian.

Intinya calendar ini berisi tentang life skill, home projects dan literasi. Amalan ibadah gimana? Ada juga kok tetapi emang porsinya minim. Untuk tahun ini saya tidak menchallenge Yaqdzan untuk seputar amalan ibadah seperti hafalan Quran, tarawih, puasa, dhuha dll. Tetapi hal-hal tersebut Insya Allah sudah menjadi bagian pembiasaannya, walaupun masih proses belajar.

Alhamdulillah Yaqdzan sudah mulai klik dan senang melakukan ibadah. Kami akan terus meningkatkan dialog iman agar ibadah bukan hanya sekedar rutinitas.


Jadi calendar aktivitas ini hanya sebagai media untuk memeriahkan ramadhan di rumah. Karena anak-anak kesehariannya memang tidak lepas dari life skill, kemandirian, literasi dan home projects. Saya hanya memodif dan menchallenge sedikit. Jadi semuanya sesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

Alat yang dibutuhkan:

1. Printable 30 lembar dari @sweetfajr (printable ramadhan andalan saya sejak dulu)

2. Kayu (saya ngambil dari ranting pohon jambu halaman)

3. Tali goni (habis setengah gulung = Rp15.000 segulung

4. Paku tempel 2 pcs biar ga ngerusak dinding = Rp 9000

5. Jepitan kayu kecil 30 pcs = Rp 4000

Budgetnya murah meriah tapi memang perlu effort melipat, menggunting dan lem.

Eh.. Eh mini mosque calendar ini kok jadi ciamik terpampang di dinding. Masya Allah terbayar sudah kerja bakti semuanya.

Semoga repotnya kita menghias rumah, mengantarkan anak-anak pada kecintaannya pada bulan mulia. Sebagai ajang untuk berlomba-lomba melakukan amal shaleh. Barakallahufiik 💕

4 Ramadhan 1441H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *